Ilustrasi Haji
Jogja

Kuota Haji untuk Kota Yogyakarta Diprediksi Naik di 2023

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Pemerintah telah mengumumkan kuota haji untuk jemaah Indonesia kembali normal 100 persen pada tahun ini karena melandainya pandemi Covid-1
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Pemerintah telah mengumumkan kuota haji untuk jemaah Indonesia kembali normal 100 persen pada tahun ini karena melandainya pandemi Covid-19. Untuk wilayah Kota Yogyakarta kuota jemaah haji diperkirakan naik cukup signifikan pada 2023 ini dibandingkan dengan kuota tahun lalu.

Kepala Seksi PHU Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Muhammad Tahrir mengatakan, tahun ini pihaknya mengajukan kuota haji untuk wilayah setempat sebanyak 410 jemaah. Kondisi itu disebutnya naik cukup tinggi dibanding tahun lalu dengan pemberangkatan jemaah sebanyak 156 orang. Pada tahun ini jemaah yang keberangkatannya sempat tertunda pada tahun sebelumnya jadi prioritas.

"Total ada 158 orang yang sempat tertunda keberangkatannya karena pandemi kemarin. Itu nanti akan kita prioritaskan," kata dia.

Menurut Tahrir, informasi resmi soal berapa kuota haji untuk Kota Yogyakarta pada tahun ini juga belum diketahui. Pihaknya masih menunggu petunjuk teknis lanjutan dari pemerintah pusat. Hanya saja jumlahnya dipastikan lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

"Masih terus kita koordinasikan, jenjangnya memang bertahap dari pusat pun masih terus kita koordinasi terkait berapa kuota pastinya untuk Yogyakarta, namun yang pasti bertambah," kata dia.

Untuk tahap awal pihaknya telah menyiapkan sejumlah upaya dalam mempersiapkan keberangkatan haji tahun ini. Kepada jemaah juga telah disosialisaikan untuk mengurus visa dan memperbaharui visa mereka bagi yang sudah tidak lagi berlaku.

"Kita juga koordinasikan dengan imigrasi yang di YIA akan pengurusan berjalan optimal. Kita juga sudah ingatkan kepada jemaah yang belum vaksin supaya melengkapi karena itu nanti jadi persyaratan untuk mengurus visa keberangkatan," ujarnya. (ANZ)