News

Kutub Utara Dekati Sakit Parah, Arktik Tanpa Es Laut Tahun 2030-an

  • Para ilmuwan memperingatkan Arktik dapat bebas dari es laut kira-kira satu dekade lebih awal dari yang diproyeksikan.
News
Ties

Ties

Author

JAKARTA, Jogjaaja.com - Para ilmuwan memperingatkan Arktik dapat bebas dari es laut kira-kira satu dekade lebih awal dari yang diproyeksikan. Ini menjadi tanda lain yang jelas bahwa krisis iklim terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan karena dunia terus mengeluarkan polusi yang memanaskan planet.

Sebuah studi baru yang diterbitkan Selasa 6 Juni 2023 di jurnal Nature Communications menemukan,  es laut Arktik bisa hilang sepenuhnya selama bulan September pada awal tahun 2030-an. 

“Bahkan jika dunia membuat pengurangan yang signifikan terhadap polusi yang memanaskan planet hari ini, Arktik masih dapat melihat musim panas bebas dari es laut pada tahun 2050-an, lapor para ilmuwan.

Para peneliti menganalisis perubahan dari 1979 hingga 2019, membandingkan berbagai data satelit dan model iklim untuk menilai bagaimana es laut Arktik berubah.

Mereka menemukan bahwa penurunan es laut sebagian besar disebabkan oleh polusi pemanasan planet yang disebabkan oleh manusia. Dan  model sebelumnya telah meremehkan tren pencairan es laut Arktik.

“Kami terkejut menemukan bahwa Arktik bebas es akan ada di musim panas terlepas dari upaya kami untuk mengurangi emisi,” kata Seung-Ki Min, penulis utama studi dan profesor di Universitas Sains dan Teknologi Pohang di Korea Selatan kepada CNN.

Es Arktik menumpuk selama musim dingin dan kemudian mencair di musim panas. Biasanya  mencapai level terendahnya di bulan September, sebelum siklusnya dimulai lagi.

“Setelah musim panas Arktik menjadi bebas es, penumpukan es laut di musim yang lebih dingin akan jauh lebih lambat, “ kata Min. Semakin hangat suhunya, semakin besar kemungkinan Arktik tetap bebas dari es laut lebih jauh ke musim yang lebih dingin.

Dia menamabhakn, di bawah jalur emisi yang lebih tinggi – di mana dunia terus membakar bahan bakar fosil dan tingkat polusi pemanasan planet terus meningkat – studi memproyeksikan Arktik akan melihat hilangnya es laut sepenuhnya dari Agustus hingga akhir Oktober sebelum 2080-an.

Temuan penelitian ini kontras dengan laporan negara-of-the-science Panel Antarpemerintah PBB tentang Perubahan Iklim tahun 2021, yang menemukan Arktik akan praktis bebas es mendekati pertengahan abad di bawah skenario emisi gas rumah kaca menengah dan tinggi.

“Studi baru ini menunjukkan hal itu bisa terjadi 10 tahun sebelumnya, terlepas dari skenario emisi,” kata Min.

Sebuah penelitian tahun 2022 menunjukkan, selama beberapa dekade terakhir, Kutub Utara telah menghangat empat kali lebih cepat daripada bagian dunia lainnya. Menurut NASA, telah terjadi kehilangan es laut yang cepat di wilayah tersebut, dengan es laut September menyusut dengan kecepatan 12,6% per dekade.

Efek Mengerikan

Arktik tanpa es laut musim panas akan mengirimkan riak efek yang mengerikan ke seluruh dunia. Es putih cerah memantulkan energi matahari dari Bumi. Saat es ini mencair, ia memperlihatkan lautan yang lebih gelap, yang menyerap lebih banyak panas yang menyebabkan pemanasan tambahan. Sebuah proses umpan balik yang disebut “Amplifikasi Arktik”.

Penurunan es laut juga dapat berdampak pada cuaca global yang membentang jauh melampaui Arktik.

“Kita harus segera mempersiapkan diri untuk dunia dengan Kutub Utara yang lebih hangat,” kata Min. “Karena pemanasan Arktik diperkirakan membawa cuaca ekstrem seperti gelombang panas, kebakaran hutan, dan banjir di lintang tengah dan tinggi Utara,” katanya. Dia menambahkan  Arktik bebas es yang lebih awal juga menyiratkan bahwa kita akan mengalami peristiwa ekstrem lebih cepat dari yang diperkirakan.

Arktik yang bebas es laut juga dapat menyebabkan peningkatan pengiriman komersial saat rute baru dibuka, yang akan berdampak langsung. Menurut  laporan Arktik tahunan tahun lalu oleh Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional, lonjakan lalu lintas pengiriman akan menyebabkan lebih banyak emisi dan polusi di wilayah tersebut.

Mika Rantanen, peneliti dari Institut Meteorologi Finlandia dan penulis utama studi tahun 2022, kepada CNN mengatakan bahwa studi yang diterbitkan Selasa mendapat manfaat dari "metodologi baru dan canggih" untuk memprediksi kapan Arktik akan bebas es.

“Metodologinya sangat hati-hati dan memberikan tingkat kepastian yang tinggi dalam atribusi,” kata Rantanen, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut. 

“Hasil yang paling mencolok bukanlah bahwa hilangnya es laut disebabkan oleh peningkatan gas rumah kaca, yang sebagian besar sudah diketahui, tetapi mereka memproyeksikan Arktik bebas es lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya sekitar satu dekade.”

Min mengatakan temuan tersebut menunjukkan bahwa Kutub Utara berada di ambang "sakit parah" dan bahwa wilayah tersebut telah mencapai "titik kritis".

 

“Kita dapat menganggap es laut Arktik sebagai sistem kekebalan tubuh kita yang melindungi tubuh kita dari hal-hal berbahaya,” kata Min. “Tanpa pelindung, kondisi Kutub Utara akan berubah dari buruk menjadi lebih buruk dengan cepat.”