Jogja

Lanny Amborowati Gelar Pameran Busana, Hasil Penjualan Disumbangkan Penderita Kanker

  • YOGYA, Jogjaaja.com -  Perancang busana asal Yogyakarta Lanny Amborowati kembali menyelenggarakan pameran busana hasil karya terbarunya di Kopi Macan yabg
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com -  Perancang busana asal Yogyakarta Lanny Amborowati kembali menyelenggarakan pameran busana hasil karya terbarunya di Kopi Macan yabg diselenggarakan sejak 18 Maret sampai 15 April 2023. Sebagian hasil penjualan pameran itu nanti akan disumbangkan ke rumah singgah penderita kanker dan talasemia.

Lanny menjelaskan, dalam pameran kali ini dirinya menggandeng serta Lions Club Yogyakarta Roro Jonggrang serta sejumlah seniman lukis. Selain pameran juga ada berbagai kegiatan workshop yang diselenggarakan di tempat itu selama pameran berlangsung.

"Konsep acaranya fesyen show dan kolaborasi dengan seniman lain, jadi kami mengajak masyarakat luas untuk lebih peduli dengan lingkungan," katanya, Senin (20/3/2023).

Menurut Lanny sebagian besar busana yang ditampilkannya itu ada yang karya baru dan juga lama. Rata-rata bahan yang digunakan juga ramah lingkungan dan terbuat dari bahan katun dan linen.

"Ada 50 koleksi yang saya bawa, yang di show kan ada 25. Kita juga undang tamu dari rumah singgah kanker dan modelnya juga dari para tamu," ungkapnya.

Pameran yang berlangsung kurang lebih satu bukan itu akan diramaikan dengan acara workshop recycling dan upcycling busana, kemudian workshop melukis kain serta ecoprint.

"Kita kerja sama juga dengan para pelukis muda berbakat, nanti melukis baju," jelasnya.

Menurutnya, selama ini kepedulian terhadap penderita kanker dan talasemia masih minim. Ia berharap agar bantuan dari hasil penjualan busana itu mampu mengurangi beban para penderita.

"Karena kan penyintas itu masih banyak yang kurang peduli, kanker ini kan semua diserang bayi, anak atau dewasa dan tidak melihat dia orang kaya atau tidak, dan sebagian besar itu dari orang kurang mampu. Mereka juga butuh dukungan pendidikan," pungkasnya.