Proses pengerjaan mural oleh salah satu peserta el-ARTe Mural Competition 2022.
News

Lewat Warna, Dulux Angkat Semangat Hari Kemerdekaan Indonesia

  • PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) bekerja sama dengan PT Adhi Commuter Properti Tbk. (ADCP), pengembang properti & kawasanTransit Oriented Development yang terkoneksi dengan LRT (Light Rail Transit) Stasiun Harjamukti, merayakan HUT RI ke-77 dengan bersama-sama menyelenggarakan el-ARTe Mural Competition 2022.
News
Tyo S

Tyo S

Author

JAKARTA, 22 Agustus 2022 – PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) bekerja sama dengan PT Adhi Commuter Properti Tbk. (ADCP), pengembang properti & kawasanTransit Oriented Development yang terkoneksi dengan LRT (Light Rail Transit) Stasiun Harjamukti, merayakan HUT RI ke-77 dengan bersama-sama menyelenggarakan el-ARTe Mural Competition 2022.

Kompetisi mural tersebut diselenggarakan pada tanggal 17 - 20 Agustus 2022. Ratusan liter cat Dulux diberikan kepada para seniman mural dari berbagai kalangan dan mewakili beberapa kota di Indonesia. Mereka memamerkan bakat dan kreativitas mereka untuk bersama-sama menciptakan seni mural yang unik dalam kompetisi ini. Mereka dibagi menjadi 15 kelompok yang terdiri dari 3 anggota dan masing-masing kelompok menghiasi bagian dinding berukuran 2x3m. Total dinding yang dihias seni mural mencapai lebih dari 100 m2. Tema Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini Bangkit Lebih Kuat, Pulih Lebih Cepat, tergambar dengan jelas melalui puluhan lukisan mural tersebut. Dengan perkiraan akan ada 25.000 orang yang menggunakan LRT Harjamukti setiap harinya, Dulux berharap dapat membawa warna bagi banyak kehidupan setiap hari terutama di ruang publik seperti Kawasan Stasiun LRT Harjamukti.

Kompetisi mural ini merupakan bagian dari program “Let’s Color Indonesia”, sekaligus upaya untuk mempercantik akses jalan sepanjang 60m menuju Stasiun LRT Harjamukti, Cibubur. Dulux yakin akan kekuatan cat untuk mengubah kehidupan dengan memberikan semangat kepada masyarakat, mengubah perilaku, dan membuat ruang tempat tinggal menjadi lebih berwarna, nyaman dan menyenangkan. Dengan lebih dari 2.000 proyek, 48.000 orang yang dilatih dan  12.000 sukarelawan, sejauh ini lebih dari 68 juta orang dari seluruh dunia telah merasakan manfaat dari Let's Colour. Di Indonesia, ribuan meter persegi tembok beton dan tiang-tiang fasilitas umum di Jakarta (Antasari, Juanda, Kemayoran), Depok, Tangerang, Surabaya, Palembang, Medan, Salatiga, Semarang, dan Kota Bandung telah diperindah oleh program Let's Colour Indonesia . 

“Warna berkontribusi pada kesehatan psikologis masyarakat dan menambah keindahan lingkungan publik. Pada Hari Perayaan Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, kami senang bermitra dengan PT Adhi Commuter Properti Tbk untuk menghidupkan tema Bangkit Lebih Kuat, Pulih Lebih Cepat melalui karya seni,"  kata Indra Laban, Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia). 

Arifah Rahmayanti, Project Director LRT City Cibubur mengatakan, sebagai kawasan Mixed Used Development, LRT City Cibubur dikembangkan dengan konsep TOD (Transit Oriented Development) yang terkoneksi langsung dengan transportasi massal yaitu LRT. Kami menyediakan tempat yang saling terhubung yang menghadirkan kualitas hidup terbaik bagi orang-orang yang tinggal dan menggunakan fasilitas kami. LRT City Cibubur juga menjadi wadah kreatifitas bagi komunitas, dalam hal ini mendukung komunitas mural Indonesia untuk mengekspresikan inspirasi dan ide mereka ke dalam karya seni mural yang indah. 

“Melalui el-ARTe Mural Competition 2022, kami menyediakan fasilitas umum sebagai media mereka untuk membagikan karya lukisan mural yang menyenangkan kepada masyarakat. Mural menjadi wadah untuk menceritakan cerita sebuah komunitas, menciptakan pengalaman unik, dan berinteraksi dengan warga. Kami juga percaya bahwa ada hubungan positif antara seni dan kesehatan mental, yaitu untuk menurunkan tingkat stres dan meningkatkan suasana hati yang lebih baik,” ucap Arifah.

Mural Artist dari Institut Kesenian Jakarta, Muna Diannur yang menjadi salah satu juri el-ARTe Mural Competition 2022, mengatakan, “Kami mengapresiasi kerja sama AkzoNobel Indonesia dan PT Adhi Commuter Properti Tbk. membina komunitas pelukis mural di Indonesia. Dengan memberikan kesempatan bagi seniman mural untuk mewujudkan ide-ide mereka di lokasi penting akan membantu mengembangkan keterampilan mereka dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Lukisan mural yang ikut serta dalam kompetisi kali ini menggambarkan cerita tentang Hari Kemerdekaan Indonesia, transportasi umum, kota masa depan dan konektivitas.

Pemenang Juara pertama el-ARTe Mural Competition 2022 adalah Cahya Pramana dengan seni mural bertema “Intertwine”, Juara kedua adalah tim 2D dengan seni mural bertema “Imagination Nature with Serenity”, dan juara ketiga adalah tim thom thom dengan karya seni mural bertema “Future City with LRT”.  peserta dinilai berdasarkan narasi mural, nilai seni, tema dan orisinalitas. (*)