Ingin Liburan Tanpa Takut Baterai Ponsel Habis? Ini Cara Menyiasatinya
Ekonomi, Fintech & UMKM

Libur Telah Tiba, Berikut Cara Mengontrol Pengeluaran Sekaligus Tetap Bersenang-senang

  • Inilah beberapa cara tetap bersenang-senang saat liburan tanpa harus takut kehabisan uang.
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

JAKARTA - Sangat mudah untuk belanja berlebihan ketika sedang liburan, apalagi ketika bulan Desember yang merupakan akhir tahun dan menjadi momen liburan untuk menikmati waktu bersama keluarga dan sahabat terdekat. Meski begitu, ternyata Anda tetap bisa mengontrol pengeluaran sekaligus bisa bersenang-senang menikmati liburan.

Cara Mengontrol Pengeluaran Saat Liburan

1. Tetapkan Batas Pengeluaran Liburan

Gunakan kesempatan ini untuk membuat anggaran liburan dan gunakan anggaran tersebut untuk memutuskan berapa banyak uang yang pantas untuk Anda belanjakan. 

2. Belanja dengan Bijak

Ketika liburan dan mengunjungi keluarga, memang mungkin Anda akan tidak enak jika tidak membawa bingkisan untuk mereka. Akan tetapi, Anda tetap bisa menyiasatinya dengan membeli hadiah atau makanan dengan harga yang masih masuk ke dalam anggaran untuk mereka. 

3. Tetap Realistis

Mungkin Anda mengetahui bahwa kakak laki-laki Anda baru saja melunasi pinjaman dan dia selalu memberi Anda hadiah terindah. Namun, jika Anda berada di tempat yang berbeda dalam kehidupan finansial, jangan merasa bahwa Anda harus mengikutinya. Jika Anda ragu apakah mereka yang ada di daftar Anda akan menghargai hadiah yang lebih murah yang Anda beli, pikirkan kembali apa yang diberikan teman dan keluarga Anda kepada Anda saat anggaran mereka semakin ketat.

4. Berikan Hadiah Waktu

Ibu dan ayah atau keluarga Anda mungkin sangat menyukai kunjungan Anda. Meski Anda tidak bisa memberikan bingkisan mewah untuk mereka, Anda bisa memberikan waktu Anda untuk mereka seperti membantu mengasuh keponakan atau memasak makanan yang enak untuk keluarga.

5. Berikan Hadiah yang Lebih Personal

Hadiah kecil yang personal atau sesuai dengan yang diberikan kepada penerima akan lebih berharga daripada hadiah mahal yang mungkin tidak akan digunakannya. Hindari dorongan untuk berbelanja di toko-toko mewah atau trendi dan mulailah liburan dengan meluangkan waktu sejenak memikirkan apa yang benar-benar dapat digunakan oleh orang-orang di daftar Anda. 

Itu tadi beberapa cara tetap bersenang-senang saat liburan tanpa harus takut kehabisan uang. Jangan biarkan Anda menjadi harus berutang demi bisa bersenang-senang selama liburan. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 04 Dec 2022