Budaya

Lima Rekomendasi Angkringan di Yogyakarta, Mau Pilih Mana?

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Pepatah populer mengatakan, “Jogja terbuat dari kenangan, rindu, dan angkringan”.Ini masuk akal, karena selain menjadi kota wisata yang na
Budaya
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Pepatah populer mengatakan, “Jogja terbuat dari kenangan, rindu, dan angkringan”.

Ini masuk akal, karena selain menjadi kota wisata yang nagih untuk dikunjungi, angkringan menjadi salah satu ciri khas kota pelajar ini.

Angkringan memang menjamur di Jogja. Hal ini wajar mengingat dalam sejarahnya sendiri, angkringan memang pertama kali hadir di Jogja dan sekitarnya seperti Klaten dan Solo.

Pesona angkringan, sebagai tempat egaliter yang menawarkan hidangan khas, memang digemari berbagai kalangan.

Tua maupun muda, masyarakat dari berbagai kalangan, serta warga lokal maupun wisatawan.

Bahkan, bagi para mahasiswa yang sedang tanggal tua sekalipun, angkringan menjadi tempat yang pas untuk isi perut mengingat harga-harga dari menunya yang terjangkau.

Sehingga, banyak yang beranggapan berlibur ke Jogja seakan kurang lengkap jika belum nongkrong di angkringan sambil menikmati suasana malam hari di kota Gudeg.

Berikut ini 5 rekomendasi angkringan yang cocok dikunjungi ketika berlibur ke Jogja.

Angkringan Lik Man

Jika Anda suka berburu makanan murah dan enak di Jogja, jangan lupa mampir ke Angkringan Lik Man.
 

Angkringan ini cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1960-an. Lokasi Angkringan Lik Man terletak di Jl. Pogung Lor No. 263, Yogyakarta.

Angkringan Lik Man merupakan angkringan pertama yang memperkenalkan minuman kopi joss.

Banyak pengunjung menyempatkan diri untuk minum kopi joss yang legendaris di Angkringan ini. Rasa kopi joss yang manis dan wangi membuat para pengunjung tertarik mencicipinya.

Harga kopi josspun cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000. Di sini juga tersedia minuman wedang tape, susu jahe, dan teh manis kental untuk menghangatkan badan saat malam hari.

Selain itu, angkringan Lik Man juga menyediakan makanan khas yang tak kalah enaknya, seperti nasi kucing, sate ayam, keong, kerang, telur puyuh, dan usus ayam, serta berbagai macam gorengan.

Angkringan Kopi Joss Pak Agus

Berlokasi di dekat Stasiun Tugu, tepatnya di Jalan P. Mangkubumi, Yogyakarta, Angkringan Kopi Joss Pak Agus selalu ramai didatangi pengunjung.

Di sini, pengunjung ditawarkan nasi kucing dengan lauk yang beragam, mulai dari balado cumi, mercon ayam, dan nasi macan. Harganya pun terjangkau, mulai dari 2 ribu rupiah saja.

Selain berbagai macam sate-satean, yang khas dari Angkringan Kopi Joss Pak Agus adalah kopi jossnya. Kopi joss merupakan kopi hitam yang dicelup arang yang masih menyala agar panasnya tahan lama.

Angkringan Gareng Petruk

Angkringan Gareng Petruk merupakan salah satu angkringan yang sering dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Angkringan ini berada di pusat kota Jogja dengan mengetengahkan atmosfer Kota Jogja yang kental dan asyik.

Angkringan Gareng Petruk terletak di Jl. Margo Utomo No.30, Yogyakarta, Indonesia. Jika Anda menginap di dekat Tugu Jogja, Anda bisa datang ke angkringan ini dengan berjalan kaki sekitar 5 menit.

Di sini, pembeli akan disambut dengan berbagai kuliner tradisional yang enak dan murah, seperti nasi kucing dan sate. Beragam varian nasi kucing yang bisa dipilih di antaranya nasi ayam bumbu bali, ayam rica-rica, oseng ati ampela.

Beragam lauk pauk pun siap melengkapi nasi kucing, seperti lauk berbumbu bacem, sate ampela, dan lain-lain. Jangan lupa tambahkan kopi joss, salah satu minuman khas Jogja untuk membuat makan malam menjadi lebih nikmat.

Angkringan Jabrik

Salah satu angkringan yang cukup terkenal di Jogja adalah Angkringan Pak Jabrik. Angkringan ini berada di Jl. P. Mangkubumi, Yogyakarta, Indonesia.

Di tempat ini kamu bisa memilih berbagai jenis nasi kucing, seperti nasi goreng, nasi ayam, nasi sambal teri, nasi cumi, nasi bebek, dan masih banyak lagi.

Angkringan Pak Jabrik memiliki berbagai pilihan lauk yang beragam, seperti sate usus, sate udang, sate telur, sate bakso, dan sate ayam. 
 

Selain makanan, Angkringan Pak Jabrik juga menyuguhkan berbagai minuman hangat.

Beberapa yang menjadi primadona adalah wedang jahe dan kopi joss. Minuman hangat ini tersedia untuk menemani para pengunjung bersantap malam. 
 

Setelah memilih makanan dan membayar, kamu bisa memilih tempat duduk lesehan yang lokasinya berada di trotoar. Menyantap makan malam menjadi lebih nikmat dengan suasana Jogja yang ramah.

Angkringan Kang Harjo

Selain memiliki menu sebagaimana umumnya angkringan,  yang unik di Angkringan Kang Harjo adalah di sini menyiapkan nasi hangat yang bisa diambil sepuasnya oleh para pembeli.

Setelah nasi terisi di piring, Anda bisa memilih menu pendampingnya. 
Lauk pauk dan sayur-sayuran yang tersedia di sini di antaranya sate jeroan, sate usus, ayam goreng, tempe bacem, sate telur puyuh, dan lain-lain.

Kenikmatan menyantap menu di Angkringan Kang Harjo akan lebih lengkap jika kamu memesan teh nasgitel, teh panas, manis, dan kental.

Teh ini menjadi minuman andalan di Angkringan Kang Harjo yang terletak di Jl. Wijilan, Yogyakarta. (Eff)