Gaya Hidup

Lima Rekomendasi Lokasi 'Bookdate' yang Lagi Ngetrend di Yogyakarta

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Selain kota budaya, Jogja juga dikenal sebagai kota pendidikan.Selain terdapat banyak sekali perguruan tinggi, dengan mahasiswanya berasal
Gaya Hidup
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Selain kota budaya, Jogja juga dikenal sebagai kota pendidikan.

Selain terdapat banyak sekali perguruan tinggi, dengan mahasiswanya berasal dari berbagai daerah, Jogja juga dikenal karena menawarkan banyak lokasi untuk ‘Bookdate’.

Kata ‘Bookdate’ sendiri menjadi ramai belakangan ini. Akronim ‘book’ dan ‘date’ yang berarti ‘kencan bersama buku’ ini seolah menjadi tren di kalangan muda-muda.

Pendeknya, budaya kencan sambil baca buku atau diskusi buku seolah makin digemari.

Klaim Jogja sebagai salah satu kota yang menawarkan tempat-tempat Bookdate bukan tanpa alasan. Di kota gudeg ini, memang banyak sekali tempat yang menawarkan ruang baca sekaligus nongkrong.

Berikut ini 5 rekomendasi tempat Bookdate di kota Jogja, yang bisa kalian kunjungi bersama pacar maupun gebetan.

Coffee and Read

Salah satu kafe di Jogja yang kalian jadikan tempat Bookdate adalah Coffe and Read.

Berlokasi di Jalan Tasura 34B, Paingan, Maguwoharjo, Sleman, kafe berkonsep book cafe ini menyediakan banyak sekali koleksi buku.

Mulai dari berbagai genre novel, buku sejarah, politik, dan sebagainya. Selain buku, kalian juga bisa memesan berbagai menu.

Mulai dari makanan ringan seperti kentang goreng, hingga makanan berat, misalnya nasi goreng dan spageti.

Coffee and Read yang buka setiap hari dari pukul 15.00 WIB hingga 23.00 WIB ini juga menawarkan fasilitas free WiFi bagi pengunjungnya.

Lir Shop

Lir Shop bisa dibilang populer bagi muda-mudi book enthusiast yang suka nongkrong.  

Ini merupakan tempat dengan konsep toko buku, curiosity shop, restoran dan galeri seni kecil. Tempat yang berkesan rumahan ini bisa kalian temukan di Jalan Anggrek 1/33, Baciro, Yogyakarta.

Di Lir Shop sendiri, pengunjung dapat menikmati beragam koleksi yang bisa dibaca di tempat. Mulai dari komik, majalah, dan berbagai genre buku seperti seni, filosofi, psikologi, novel fiksi dan juga sastra.

Keunikan lain dari Lir Shop, selain konsepnya yang memadukan beberapa hal jadi satu, adalah makanan yang ditawarkan.

Dengan konsep where fiction and reality mingle, pengunjung bahkan bisa menikmati makanan seperti yang ada dalam buku-buku, seperti butterbeer a la Harry Potter, limun jahe dan sandwich dari seri Lima Sekawan dan sebagainya.

Keunikan konsep Lir Shop lainnya juga terlihat dari buku menu yang mirip peta petualangan dari dongeng.

Jika tertarik datang ke sini, Lir Shop buka setiap Selasa-Minggu sekitar pukul 10 pagi hingga 8  malam.

Dongeng Kopi & Indiebook

Cafe yang berlokasi di jalan Wahid Hasyim No. 3, Gorongan, Depok, Sleman ini menjadi tempat yang asyik untuk baca buku sembari menikmati kopi.

Dengan balutan mural yang menghiasi tiap sudut, kafe ini sekaligus jadi bagian dari kantor penerbitan Indie Book Corner.

Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai jenis kopi Nusantara. Bahkan,, pada pukul 8-12 siang, Dongeng Kopi menawarkan pengunjung untuk mencoba membuat kopi sendiri, tentunya dengan pendampingan dari barista handal.

Kafe yang buka setiap hari dari pukul 8 pagi sampai jam 2 pagi ini juga menyediakan beragam buku yang bisa dibaca di tempat ataupun dibeli dengan harga terjangkau.

Bagi yang hobi menulis, pihak kafe juga memfasilitasi dengan dibukanya kelas menulis bagi pengunjung yang berminat.

Blanco Coffee & Books

Kafe satu ini terletak di Jalan Kranggan No. 30, Kota Yogyakarta. Blanco Coffee & Books juga menawarkan tempat nongkrong ditemani buku dan kopi.

Adapun, koleksi buku yang bisa dinikmati di sini cukup banyak dan didominasi buku bahasa Inggris. Konsep book café inilah yang membuat Blanco Coffee & Books tak pernah sepi pengunjung.

Salah satu kafe di Yogyakarta ini menempati bangunan dua lantai dan menawarkan berbagai kopi dengan kualitas terbaik dan harganya pun terjangkau terutama untuk kalangan anak muda.

Croissant, yang dikenal renyah di luar dan lembut di dalam, adalah salah satu menu favorit di Blanco Coffee & Books yang cocok untuk menemani minum kopi.

Menu ini patut kalian coba.
Blanco Coffee & Books sendiri buku setiap hari (kecuali Senin), mulai dari pukul 1 siang sampai 1 malam.

Grhatama Pustaka

Bagian kalian yang ingin hemat, ada juga kok, tempat Bookdate nyaman, gratis, dan menawarkan pengalaman nongkrong sambil baca buku yang menarik.

Di Jalan Raya Janti, Wonocatur, Banguntapan, Bantul, atau bertetanggan dengan JEC Expo Center, terdapat bangunan besar bernama Grhatama Pustaka.

Bangunan ini merupakan perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara dengan luas 2,4, hektar.

Selain menawarkan banyak sekali koleksi buku sebagaimana perpustakaan lain, di Grhatama Pustaka juga terdapat ruang meeting, musala, kantin, taman, bahkan ruang bermain bagi anak-anak.

Kalian bisa memilih, mau Bookdate di dalam perpustakaan atau outdoor, karena tempat ini punya banyak spot yang menarik untuk nongkrong.

Selain itu, Grhatama Pustaka juga memiliki bioskop mini. Bahkan, di momen-momen tertentu tempat ini juga dijadikan venue bagi acara-acara besar. (Eff)