LINE versi desktop
Home

LINE Versi Desktop Bisa Login Tanpa Password dan Hadirkan Fitur Folder Obrolan

  • JAKARTA-LINE Corporation (LINE) kini memungkinkan pengguna LINE di desktop versi 6.5 untuk login tanpa menggunakan password dan menggantinya dengan autentikasi biometrik. Fitur baru ini menggunakan standar FIDO sehingga dapat menghilangkan kebutuhan menggunakan kata kunci, mengurangi kemungkinan login dari pihak yang tak diinginkan, dan menambah tingkat keamanan serta kenyamanan menggunakan aplikasi LINE.

Home
Tyo S

Tyo S

Author

JAKARTA-LINE Corporation (LINE) kini memungkinkan pengguna LINE di desktop versi 6.5 untuk login tanpa menggunakan password dan menggantinya dengan autentikasi biometrik. Fitur baru ini menggunakan standar FIDO sehingga dapat menghilangkan kebutuhan menggunakan kata kunci, mengurangi kemungkinan login dari pihak yang tak diinginkan, dan menambah tingkat keamanan serta kenyamanan menggunakan aplikasi LINE. 

Selain itu, LINE untuk desktop juga menawarkan fitur baru “Chat Folder” yang memungkinkan pengguna untuk mengelola ruang percakapan mereka di LINE untuk desktop ke dalam sejumlah kategori, yakni All, Friends, Groups, Official Accounts, dan OpenChats.

“Agar pengguna bisa menggunakan autentikasi biometrik untuk LINE di desktop, pengguna pertama kali harus mendaftarkan informasi biometrik di ponsel mereka dan menghubungkannya ke akun LINE. Pengguna kemudian bisa membuka aplikasi LINE di desktop mereka, memverifikasi nomor telepon, dan mengetuk “Log in with smartphone” guna memasangkan LINE di desktop dengan ponsel,” sebut LINE Corporation dalam keterangan tertulis, Rabu (13/1/2021).

Setelah itu, pengguna hanya perlu mengikuti instruksi yang mudah agar prosesnya selesai. Ketika masuk ke dalam aplikasi LINE di desktop untuk pertama kalinya, pengguna akan diminta untuk memverifikasi indentitas dengan menggunakan 6-digit nomor verifikasi yang ditampilkan di layar ponsel.

Fitur Chat Folder untuk mengelola Chat Room 

Pengguna LINE untuk desktop kini juga bisa mengatur chat di dalam LINE mereka ke dalam folder khusus bernama, "Folder Obrolan'. Obrolan di dalam LINE untuk desktop bisa tersortir sehingga menjadi lebih rapih ke dalam sejumlah folder, yakni Teman, Grup, Akun Resmi, dan OpenChat.

Untuk mengaktifkannya pun cukup mudah. Pertama-tama, pengguna harus membuka Pengaturan di LINE desktop, kemudian pilih "Chat atau Obrolan" dan centang kotak Chat Folder.

Fitur menarik lain yang bisa ditemukan di dalam Folder Obrolan untuk LINE di desktop adalah "Bisukan Folder Obrolan". Pengguna tinggal mengklik Folder Obrolan yang mereka ingin bisukan dan fitur ini akan muncul. Setelah mengklik fitur ini, notifikasi folder tersebut akan senyap. 

LINE selalu memprioritaskan perlindungan informasi pribadi pengguna dan berkomitmen untuk terus mengedepankan pengalaman login sebagai salah satu kunci dalam meningkatkan kenyamanan dari pengalaman pengguna. LINE bergabung dengan FIDO Alliance sebagai board member pada tahun 2017 lalu. Pada 2019, LINE telah mengimplementasikan autentikasi FIDO2 pada layanan LINE Pay. Dan kini, pengguna LINE juga bisa menggunakan autentikasi biometrik FIDO2 untuk login ke dalam aplikasi LINE di Desktop. 

“LINE akan terus menghadirkan pembaruan terbaru berdasarkan kebutuhan pengguna dan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai utama kami yang bertujuan untuk menyediakan layanan komunikasi antar keluarga, teman, dan kerabat. LINE sekaligus akan menyediakan ragam layanan komunikasi lain serta ragam cara baru dalam mendapatkan informasi yang dioptimalkan bagi pengguna”.