Photo by Leah Kelley: https://www.pexels.com/photo/white-and-brown-sofa-chair-near-white-window-curtain-6480707/
Gaya Hidup

Mengenal Lebih Dekat Tren Rumah Bergaya Scandinavian

  • Rumah bergaya Scandinavian berakar pada fungsionalitas, sehingga semua bagian dari rumah harus dapat difungsikan sebagaimana mestinya
Gaya Hidup
Ties

Ties

Author

JAKARTA - Sejak adanya pandemi yang memaksa seseorang untuk selalu beraktivitas hanya di dalam rumah, orang-orang mulai berbondong-bondong membuat rumah mereka menjadi tempat yang nyaman, mulai dari renovasi, dekorasi, hingga desain interior dan eksteriornya.

Salah satu gaya rumah yang sedang tren adalah Scandinavian. Apa itu rumah bergaya Scandinavian?

Rumah Scandinavian terinspirasi dari gaya rumah dari negara-negara nordik seperti Swedia, Norwegia, hingga Denmark. Tepatnya yaitu dari rumah-rumah pertanian yang seringkali memiliki dua lantai dengan berbahan kayu, atap yang curam untuk menumpahkan salju, dan teras atau ruang depan kecil yang cantik.

Menurut Flammia, seorang arsitek dan desainer interior dari New York rumah bergaya Scandinavian berakar pada fungsionalitas. Sehingga semua bagian dari rumah harus dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Selanjutnya Flammia juga mengatakan bahwa minat rumah Scandinavian dimulai sekitar abad ke 1950-an yaitu ketika minat terhadap desainer Swedia dan Dermark sedang tinggi, sejak saat itulah minat terhadap desain hunian Scandinavian terus meningkat.

Melansir dari laman website Scandinavian Standard, rumah gaya Scandinavian mengutamakan desain yang minimal, sehingga semua bagian di dalam ruangan harus diperhatikan dengan mendetail.

Pencahayaan adalah hal utama dan penting dari desain Scandinavian, karena negara-negara Nordik tidak mendapatkan banyak pencahayaan alami selama musim dingin. Sehingga cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan penggunaan dinding berwarna putih atau jendela yang besar.

Meski terinspirasi dari gaya rumah yang didesain untuk negara-negara nordik yang dingin, nyatanya saat ini desain rumah Scandinavian diminati oleh banyak orang di seluruh dunia karena dinilai cocok untuk segala iklim, terkesan modern dengan tetap mengutamakan aspek fungsi.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 07 Mar 2023