Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meresmikan Gedung Olahraga BumDes Srimulyo Mandiri, di Kalurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (4/12/2021).
Home

Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Resmikan Gedung Olahraga BumDes Srimulyo Mandiri

  • Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meresmikan Gedung Olahraga BumDes Srimulyo Mandiri, di Kalurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (4/12/2021).
Home
Tyo S

Tyo S

Author

BANTUL, Jogjaaja.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meresmikan Gedung Olahraga BumDes Srimulyo Mandiri, di Kalurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (4/12/2021). Gedung Olahraga BumDes Srimulyo Mandiri ini dibangun menggunakan dana desa. 

Dalam sambutannya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengapresiasi jajaran perangkat desa, hingga masyarakat Srimulyo yang telah bergotong royong melakukan inovasi untuk kemajuan Kalurahan Srimulyo. Apalagi warga Kalurahan Srimulyo cukup aktif dalam mengembangkan desa.

“Saya apresiasi juga karena kalurahan Srimulyo ini memiliki mars desa. Saya jadi terinspirasi untuk membuat lomba mars desa. Selain itu, saya juga mengapresiasi karena seluruh produk lokal asli Srimulyo sudah dipatenkan. Saya juga memberikan penghargaan pada Kalurahan Srimulyo sebagai desa dengan destinasi wisata terbanyak se Indonesia karena Srimulyo memiliki 19 destinasi. Dan saya secara resmi menyatakan Desa Srimulyo sebagai desa cerdas atau smart village,” tutur Gus Menteri. 

Menteri Halim juga mengatakan dana desa boleh digunakan untuk apa saja. Syaratnya, kegiatan tersebut bukanlah kegiatan terlarang. 

"Dana Desa boleh digunakanan untuk apa saja sepanjang tidak digunakan untuk kegiatan yang dilarang dan bertumpu pada dua hal, untuk peningkata ekonomi dan peningkatan SDM masyarakat desa," kata Gus Menteri.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyambut baik dan memberikan apresiasi atas inovasi-inovasi yang dilakukan Kalurahan Srimulyo. "Saya sampai kewalahan karena setiap kalurahan di Bantul saat ini berlomba membuat inovasi-inovasi demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya," kata Abdul Halim Muslih.

Bupati Bantul berharap dari inovasi-inovasi keluarahan, seperti kalurahan Srimulyo yang berhasil mendiversifikasi usaha tiap padukuhan akan membuat masyarakat makin sejahtera dan kalurahan dapat tumbuh mandiri. 

Dalam kesempatan ini, dilaunching pula e-Lastri v 2.0 (Layanan Administrasi Terpadu Desa Srimulyo) yang telah dilakukan pembaruan. Pembaruan tersebut berupa perluasan konten yang memuat banyak fitur dalam satu aplikasi. Selanjutnya aplikasi tersebut terkoneksi dengan data kependudukan. Selain itu, pelayanan publik terkoneksi secara online antara RT, Dukuh dan Kalurahan. (*)