Ekonomi, Fintech & UMKM

Mercant QRIS Bank BPD DIY Bisa Terima Pembayaran Turis Asing

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Bank BPD DIY mendapat kepercayaan dari Bank Indonesia (BI) untuk menjadi peserta piloting QRIS cross-border. Melansir laman resmi Ban
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Bank BPD DIY mendapat kepercayaan dari Bank Indonesia (BI) untuk menjadi peserta piloting QRIS cross-border. 
Melansir laman resmi Bank Indonesia, QRIS cross-border sendiri merupakan layanan pembayaran antarnegara menggunakan Quick Response Code (QR Code).

Piloting QRIS cross-border tersebut menjadi bagian dari rangkaian Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) 2022, yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada 11-15 Juli 2022.

Dengan adanya QRIS cross-border, merchant QRIS Bank BPD DIY dapat menerima pembayaran menggunakan QR dari bank yang berasal dari negara-negara lain yang telah bekerja sama dengan BI.

Dengan demikian, merchant kini tidak perlu khawatir lagi terhadap kurs mata uang, karena dana yang diterima sudah dalam Rupiah.

Saat ini, Bank Indonesia telah bekerjasama dengan sejumlah bank dari Thailand dan Malaysia untuk implementasi QRIS cross-border.

Sebelumnya, Bank Indonesia juga telah melakukan uji coba QR Cross-border dengan Malaysia dan Thailand yang memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui QR Code.

Melalui laman resminya, Bank Indonesia menyebut QRIS cross-border disinyalir dapat meningkatkan transaksi UMKM karena memudahkan konsumen mancanegara untuk bertransaksi saat membeli produk lokal. 
Begitu pula pada sektor pariwisata, kata Bank Indonesia, “para wisatawan asing cukup menggunakan QR Cross-border jika ingin bertransaksi saat vakansi di Indonesia, begitu juga jika kita ingin bepergian ke luar negeri”. 
Lewat efisiensi yang ditawarkan, QR Cross-border diharapkan juga dapat mendukung percepatan pemulihan ekonomi di berbagai sektor.

Sementara itu, Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad, dalam keterangan resminya menyampaikan bahwa Bank BPD DIY sangat mendukung upaya dari BI untuk merealisasikan QRIS cross-border tersebut.

Menurutnya digitalisasi mutlak diperlukan untuk mempertahankan performa bisnis sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi baik nasional maupun daerah.

 

“Dengan kehadiran QRIS cross-border, diharapkan pelaku UMKM di Yogyakarta dapat menjadi makin kompetitif di era globalisasi saat ini” kata Santoso, dikutip Sabtu (16/7/2022). (*)