Mie ayam telur (miyamlur), salah satu menu andalan Mie Ayam Pak Sarmintul.
Budaya

Mie Ayam Pak Sarmintul di Bantul, Bikin Kamu ‘Terkintul-kintul’

  • Mie ayam merupakan kuliner yang banyak ditemukan di Yogyakarta. Tak heran beragam cara dilakukan oleh penjual mie ayam agar dagangannya laris.
Budaya
Tyo S

Tyo S

Author

BANTUL, Jogjaaja.com – Mie ayam merupakan kuliner yang banyak ditemukan di Yogyakarta. Tak heran beragam cara dilakukan oleh penjual mie ayam agar dagangannya laris.

Salah satu cara ekstrim untuk menggaet pelanggan dilakukan oleh Mie Ayam Pak Sarmintul. Pada November lalu, Mie Ayam Pak Sarmintul menggelar challenge berupa makan mie ayam tercepat. Total hadiah yang diberikan adalah Rp1 juta untuk 3 orang pemenang.

Setelah melalui pertarungan sengit, challenge tersebut dimenangkan oleh Mamat yang mencatat waktu tercepat 1 menit 17,83 detik. Ia berhak membawa pulang uang senilai Rp700 ribu. Pemenang kedua dan ketiga masing-masing mendapatkan Rp200 ribu dan Rp100 ribu.

Penyerahan hadiah untuk pemenang dilakukan Sabtu (5/12/2021). “Udah biasa mas,” kata Mamat usai ditanya apakah dirinya tidak kepanasan saat makan mienya.

Dengan model marketing seperti itu, Mie Ayam Pak Sarmintul langsung viral. Tidak tanggung-tanggung, mie ayam milik Veta Mandra ini langsung menjadi buruan para pecinta mie ayam di Yogyakarta.

Mie Ayam Pak Sarmintul semakin viral saat sang pemilik Veta Mandra mengucapkan selamat ulang tahun kepada istrinya. Tapi cara yang dilakukannya lain dari sewajarnya.

Ia memasang baliho di Perempatan Rejowinangun Depan PLN, Perempatan Wirosaban dekat RSUD Wirosaban Kota Yogyakarta, dan Perempatan Jejeran Jalan Imogiri Timur. "Selamat Ulang Tahun Bu Sarmintul. Dari suamimu Pak Sarmintul," tulisan yang ada dalam Baliho tersebut. 

Diketahui, ulang tahun Bu Sarmintul jatuh pada 26 November 2021 lalu. Sontak, jagad media social kembali ramai dengan adanya baliho yang antimainstream tersebut.

Mie milik Veta Mandra ini sekarang punya 2 outlet. Outlet utama berada di depan Stadion Sultan Agung Bantul, sementara outlet berikutnya terletak di Jl. Kemasan, Singosaren, Banguntapan, Bantul.

Mie Ayam Pak Sarmintul sendiri menyajikan menu khusus mie ayam. Ada beberapa varian mie ayam di sini, yaitu mie ayam ghoib, mie ayam biasa, mie ayam bakso, mie ayam x-tra ayam, mie ayam jumbo, dan mie ayam telur (miyamlur). Pembeli juga bisa menambah toping x-tra sawi, x-tra ceker, balungan kece.

Soal rasa, Mie Ayam Pak Sarmintul yang baru setahun eksis ini sangat nikmat. Ada kombinasi gurih dan manis yang akan memanjakan lidah kamu.

“Saya suka dengan mie ayam Pak Sarmintul ini. Soalnya rasanya pas. Gurihnya terasa, manisnya juga tidak dominan. Jadi cocok dengan lidah saya,” kata Lia, salah satu pelanggan Mie Ayam Pak Sarmintul.

Harga mie ayam di sini cukup terjangkau. Kamu bisa menikmatinya dengan banderol mulai Rp5 ribu hingga Rp13 ribu. Bagaimana? Penasaran? Yuk, cobain mie ayam Pak Sarmintul. Dijamin bikin kamu ‘terkintul-kintul’. (*)