Budaya

Mulai Gudeg Sampai Oseng Mercon, Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Anda Cicipi

  • YOGYAKARTA menjadi salah satu kota pariwisata di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya dan kebudayaannya, juga dikenal dengan cemilan khasnya yang le
Budaya
Ties

Ties

Author

YOGYAKARTA menjadi salah satu kota pariwisata di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya dan kebudayaannya, juga dikenal dengan cemilan khasnya yang lezat dan unik. Cemilan khas Yogyakarta memang sudah menjadi ikon kuliner yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Beberapa cemilan khas Yogyakarta yang populer dan layak untuk dicoba antara lain gudeg, bakpia, jadah tempe, wingko babat, oseng-oseng mercon, dan masih banyak lagi. Setiap cemilan memiliki cita rasa yang berbeda-beda dan terbuat dari bahan-bahan yang unik.

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam bumbu rempah-rempah seperti daun salam, bawang merah, dan gula jawa. Gudeg biasanya disajikan dengan ayam kampung atau telur rebus. Rasanya manis dan gurih sehingga cocok disajikan sebagai hidangan utama.

Bakpia adalah salah satu cemilan khas Yogyakarta yang terkenal. Bakpia dibuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan kacang hijau yang sudah dimasak dengan gula dan rempah-rempah. Bakpia bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Yogyakarta.

Jadah tempe adalah makanan yang terbuat dari ketan hitam dan tempe yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti kelapa parut dan gula merah. Jadah tempe biasanya dijual di pasar tradisional dan menjadi cemilan yang sangat digemari oleh penduduk setempat.

Wingko babat adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari kelapa parut, tepung ketan, gula, dan garam. Wingko babat memiliki tekstur yang renyah dan manis sehingga sangat cocok dijadikan sebagai cemilan. Oseng-oseng mercon adalah hidangan yang terdiri dari daging sapi yang digoreng kering dan dioseng dengan bumbu-bumbu pedas seperti cabai rawit dan bawang putih. Oseng-oseng mercon menjadi cemilan yang sangat digemari oleh para pecinta makanan pedas.

Cemilan khas Yogyakarta memang menjadi bagian penting dari kebudayaan dan kuliner di kota ini. Setiap cemilan memiliki rasa yang khas dan unik sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang rela datang dari jauh untuk mencicipi cemilan khas Yogyakarta. (*)


Penulis : Helda Silvani Anindya
Universitas Amikom Yogyakarta