Bantul

Murid JMS Lepasliarkan Tukik di Pantai Gua Cemara

  • BANTUL, Jogjajaa.com - Sejumlah murid Jogjakarta Montessori School (JMS) melepasliarkan tukik di Pantai Gua Cemara Bantul, Rabu (7/6/2023). Aktivitas itu merupa
Bantul
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjajaa.com - Sejumlah murid Jogjakarta Montessori School (JMS) melepasliarkan tukik di Pantai Gua Cemara Bantul, Rabu (7/6/2023). Aktivitas itu merupakan bagian dari pembelajaran di semester ini yang mengambil tema saving planet.

Dalam pembelajaran di sekokah itu murid diajak untuk menjaga bumi dan melakukan aksi nyata berkaitan dengan kelestarian lingkungan.

Kepala Sekolah JMS, Natalia Kristiani mengatakan, para murid melakukan banyak hal pada semester ini mulai dari edukasi sampah dan konservasi bumi salah satunya merilis tukik.  "Dengan begitu mereka tahu siklus hidup penyu, penangkaran dan lain sebagainya," kata dia.

Sekretaris Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi Penyu Minoraharjo, Fajar Subekti mengatakan, pelepasliaran tukik disesuaikan dengan masa migrasi hewan itu. Pada tahun ini masa migrasi berlangsung pada bulan Mei-September. Aksi rilis tukik itu menjadi yang perdana di tahun ini. "Sejak Mei kemarin sudah masuk 25 sarang dan akan terus bertambah. Di awal musim memang agak sulit sekitar 50 persen yang menetas masuk di bulan pertama semakin tinggi," katanya.

Fajar menjelaskan, ada empat jenis penyu yang dikembangbiakkan pihaknya di lokasi itu yakni penyu lekang, penyu sisik, penyu hijau dan penyu belimbing. Namun yang paling banyak adalah jenis penyu lekang, yang lainnya hampir tidak pernah muncul. "Hanya tahun lalu penyu belimbing dan sisik. Yang paling banyak memang penyu lekang," ujarnya. (Anz)