Sleman

Pakai Drone, Gerdal OPT Usir Organisme Pengganggu Tanaman

  • SLEMAN, Jogjaaja.com - Frog Solusi Indonesia berkolaborasi Dinas Pertanian Kabupaten Sleman dan sejumlah pihak melakukan pengamanan tanaman dari gangguan OPT (O
Sleman
Ties

Ties

Author

SLEMAN, Jogjaaja.com - Frog Solusi Indonesia berkolaborasi Dinas Pertanian Kabupaten Sleman dan sejumlah pihak melakukan pengamanan tanaman dari gangguan OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan) khususnya tanaman padi di daerah Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

Pelaksanaan gerdal OPT (Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan) dilaksanakan bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sleman, Petugas POPT, Penyuluh Pertanian BPP Wedomartani dan Kepala Dukuh Wedomartani.

Pengendalian ini dilakukan dengan drone spraying FSI.ID menggunakan agen hayati yang di supply oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sleman.

FSI.ID adalah konsultan jasa berbasis drone yang bergerak dibidang spraying, aerial mapping dan pengolahan data.

Perusahaan ini adalah start-up asli Jogja, yang berlokasi di Jl. Imogiri Barat No.Km. 7, Semail, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul.

“Dengan adanya kegiatan gerdal OPT padi di Wedomartani dengan menggunakan drone ternyata sangat membantu petani-petani disini. Penyemprotan menggunakan drone ini dirasa lebih efektif dan kita tidak akan merasa kesulitan untuk mengemudikan karena sudah lengkap dengan pilotnya juga.” kata Winaryo, Ketua gapoktan Wedomartani, Kamis (14/7/2022).

Penggunaan drone untuk penyemprotan dapat mencapai target satu hektar dengan kurun waktu kurang lebih 15 menit, sedangkan dengan penyemprotan manual memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak.

Selain itu, data misi yang diambil sebelum penyemprotan, dapat disimpan dan digunakan untuk penyemprotan selanjutnya.

“Penyemprotan menggunakan drone lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan manual. Dimana pada saat ini kebutuhan tenaga kerja untuk melakukan penyemprotan manual lebih sulit untuk ditemukan."

"Harapannya dengan teknologi drone dapat meningkatkan produktivitas pertanian," ujar Suharno, Koordinator POPT Kabupaten Sleman. (Anz)