Budaya

Pantai Sedahan Gunungkidul, Spot Liburan Awal Tahun yang Asyik

  • KABUPATEN Gunungkidul menyimpan destinasi wisata pantai yang tak habis untuk dijelajahi. Selain beberapa nama pantai yang telah kondang, wisatawan juga bisa men
Budaya
Ties

Ties

Author

KABUPATEN Gunungkidul menyimpan destinasi wisata pantai yang tak habis untuk dijelajahi. Selain beberapa nama pantai yang telah kondang, wisatawan juga bisa mencoba suasana pantai yang bisa dibilang baru yakni Pantai Sedahan di Desa Jepitu, Kapanewon Girisubo.

Berjarak kurang lebih 70 an kilometer dari Kota Yogyakarta, wisatawan bisa menikmati pemandangan dan suasana pantai yang cukup sunyi, asri, dan memanjakan mata. Waktu tempuh dengan menggunakan sepeda motor berkisar kurang lebih 2,5-3 jam.

Akses ke lokasi bisa terbilang cukup gampang, sedikit berbatu dan agak terjal. Jalur Pantai Sedahan masih satu dengan destinasi pantai lainnya yakni Wediombo, Jungwok, dan Greweng. Wisatawan dari Kota Jogja bisa melaju ke arah Jl. Raya Panggang Wonosari, lalu ikuti petunjuk sampai di Jepitu.

Rasa letih selama di perjalanan bisa terbayar saat sampai ke lokasi Pantai Sedahan. Area pantai masih tertutup dengan hamparan dua bukit yang rendah dan rimbunan semak belukar. Ciri khas pantai ini adalah bibir nya yang diapit dua tebing terjal.

Tarif masuk ke Pantai Sedahan dibanderol Rp5.000 per satu orang. Tempat ini juga banyak dijadikan sebagai spot camping. Fasilitas di Pantai Sedahan juga terbilang cukup lengkap, terdapat berbagai warung yang menawarkan makanan dan minuman serta kamar mandi.

Sedahan juga kerap didatangi pemancing dari sejumlah tempat. Akses yang terjal dan agak berbatu saat hendak sampai ke lokasi membuat pantai ini tidak seramai pantai lain di wilayah Gunungkidul lainnya. (Anz)