Jogja

Parkir Vertikal di Komplek Balai Kota Dioperasikan Februari

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Pemerintah Kota Yogyakarta berencana untuk mengoperasikan parkir vertikal yang berada di komplek balai kota setempat pada Februari nanti.
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Pemerintah Kota Yogyakarta berencana untuk mengoperasikan parkir vertikal yang berada di komplek balai kota setempat pada Februari nanti. 

Meski bangunan fisik telah dirampungkan pada akhir tahun lalu, namun masih ada beberapa hal teknis yang perlu disiapkan lebih lanjut.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pemkot Kota Yogyakarta, Kris Sarjono Sutejo mengatakan, saat ini pihaknya berencana untuk melakukan penataan secara menyeluruh terhadap kebijakan parkir di komplek balai kota. Hal ini menyusul dibangunnya kawasan parkir vertikal di tempat itu, sehingga kebijakan parkir nantinya dibuat lebih terperinci dan padu.

"Operasional akan dilakukan di Februari karena masih ada beberapa hal terkait dengan penataan parkir secara total dulu di balai kota," kata Kris saat meninjau banguan parkir vertikal pada Selasa (11/1/2022).

Ia menambahkan, pihaknya juga tengah melakukan pemetaan terhadap titik potensial lain yang nantinya akan dijadikan lokasi parkir. Sebab, saat ini komplek balai kota dinilai sangat membutuhkan lokasi parkir karena terbatasnya lahan. Apalagi pelayanan masyarakat kian bertambah sehingga membutuhkan lahan parkir yang representatif.

"Rencana kami data dulu jumlah kendaraan yang masuk Balaikota. Kendaraan pegawai Pemkot dulu berapa dan prediksi kendaraan tamu berapa. Baru ketemu datanya dan butuh berapa titik parkir,” tambah Kris.

Pemkot Yogyakarta telah membangun satu unit gedung parkir vertikal di Balai Kota yaitu di depan Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Gedung memiliki enam lantai dengan kapasitas sekitar 180 unit sepeda motor sekali parkir. 

Rencana ada 6 petugas dari Satpol PP yang mengoperasionalkan gedung parkir vertikal itu.

“Ini baru persiapan ketersediaan SDM karena kontrak mereka mulai 1 Februari. Masih ada beberapa pilihan itu akan digunakan untuk parkir tamu dulu atau pegawai atau akan campuran tamu dan pegawai. Ini masih dalam pembahasan. Yang jelas parkir di balai kota free atau gratis,” cetusnya.