Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan anggota DPD RI GKR Hemas membuka Pasar Rakyat Jogja Gumregah pada Minggu (18/9/2022).
Budaya

Pasar Rakyat Jogja Gumregah, Wujud Nostalgia Pasar Malam Sekaten

  • Pasar Rakyat Jogja Gumregah yang digelar di ex Kampus STIE Kerjasama, Jalan Parangtritis km 3, Bangunharjo, Sewon, Bantul resmi dibuka pada Minggu (18/9/2022). Seremoni pembukaan pasar rakyat ini dilakukan oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Anggota DPD RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas.
Budaya
Tyo S

Tyo S

Author

BANTUL, Jogjaaja.com – Pasar Rakyat Jogja Gumregah yang digelar di ex Kampus STIE Kerjasama, Jalan Parangtritis km 3, Bangunharjo, Sewon, Bantul resmi dibuka pada Minggu (18/9/2022). Seremoni pembukaan pasar rakyat ini dilakukan oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Anggota DPD RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

Seremoni pembukaan dimeriahkan kirab Bregada Rakyat Paku Wojo dan gunungan bakpia. Acara pembukaan ini mampu menyedot animo masyarakat. 

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyebut Pasar Rakyat Jogja Gumregah ini menjadi nostalgia akan perayaan Festival Sekaten yang biasanya diadakan menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW. Terakhir kali, pasar malam Sekaten diselenggarakan pada tahun 2018 lalu.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat karena Pasar Rakyat yang diselenggarakan untuk nostalgia Pasar Malam Sekaten ini diselenggarakan di wilayah Kabupaten Bantul," ujar Halim dalam sambutannya. 

Halim juga menyampaikan harapannya agar pasar rakyat ini dapat meningkatkan perekonomian dan memberikan maanfaat bagi masyarakat luas, terutama bagi UMKM. 

Pada Pasar Rakyat Jogja Gumregah kali ini, terdapat kurang lebih 250 stand UMKM yang menjual aneka kuliner, kerajinan, hingga mebel. Tak ketinggalan stand "awul-awul" atau trhift yang menjadi incaran kaum millenial saat mengunjungi sekaten. Ada pula aneka wahana bermain khas sekaten, yaitu "kurungan manuk" (bianglala), kora-kora, tong stand hingga rumah hantu. 

Salah satu magnet yang membuat pasar rakyat itu hidup dan diserbu warga bukan sekadar banyaknya wahana hiburan dan kuliner nostalgia ala Sekaten, tapi juga karena adanya panggung kesenian di sisi timur area pasar rakyat yang setiap harinya menampilkan pertunjukan kesenian beragam jenis secara bergantian.

Walaupun resmi dibuka pada tanggal 18 September 2022, Pasar Rakyat Jogja Gumregah ini telah digelar sejak 16 September 2022 dan rencananya akan ditutup pada 16 Oktober 2022.(*)