Jogja

Pekan Gastronomi Prancis 'j’adore' di Yogyakarta

  • YOGYA, Jogjaja.com -  Kedutaan Besar Prancis, Institut français dan Business France di Indonesia menyelenggarakan acara Pekan Gastronomi Prancis pada 12 –
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaja.com -  Kedutaan Besar Prancis, Institut français dan Business France di Indonesia menyelenggarakan acara Pekan Gastronomi Prancis pada 12 – 19 Oktober 2023 di 7 kota di Indonesia: Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, Medan dan Yogyakarta.

Acara yang bertajuk “Cita Rasa Prancis j’adore”, bertujuan untuk mengenalkan keberagaman gastronomi Prancis di Indonesia dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya yaitu: keramahtamahan, kenikmatan dan berbagi. Serangkaian program acara akan hadir dalam rangka acara gastronomi Prancis.

Direktur Institut français Yogyakarta, François Dabin menuturkan, orang Indonesia dan orang Prancis punya passion yang sama dalam hal seni kuliner dan sama-sama memiliki kekayaan gastronomi. Acara Pekan Gastronomi Prancis “Cita rasa Prancis, j’adore!” adalah kesempatan untuk menunjukkan talenta para chef masakan Prancis dan Indonesia di Yogyakarta.

"Penciptaan menu fusion Prancis – Indonesia oleh Chef Kamil (restoran Masama by Kamil) dan chef Laire (restoran Jiwajawi Jogja) yang dinamai Pot-au-Feu aux Épices de Java” merupakan sebuah ilustrasi yang nyata," katanya.

Antara tanggal 12 – 19 Oktober, 6 restoran di Yogyakarta akan menyajikan menu hidangan Prancis: Restoran Taman Sari bar & Grill di Marriott Hotel Yogyakarta, restoran Kayu Manis di Hotel Tentrem, restoran Paprika di Hotel Phoenix, restoran R&B Grill, restoran Masama by Kamil dan restoran Jiwajawi Jogja. Seluruh daftar restoran yang berpartisipasi dan daftar menu hidangan Prancis yang disajikan dapat diakses di https://www.citarasaprancis.com.

Chef asal Prancis, Kamil (restoran Masama by Kamil) dan chef asal Indonesia, Laire (restoran Jiwajawi Jogja) akan menciptakan hidangan fusion Prancis-Indonesia yang dikhususkan untuk acara ini: “Pot-au-feu aux Épices de Java” - semacam sop daging ala Prancis dengan bumbu rempah dari Jawa-. Hidangan ini akan disajikan secara khusus pada dua restoran di antara tanggal 12 – 19 oktober.

Jumat, 13 Oktober pukul 19.00 , Institut français Yogyakarta (Jl. Sagan No. 3) akan memutarkan film berjudul “Délicieux” karya sutradara Éric Besnard (Komedi, 2021, 113 Menit), sebuah film yang mengisahkan penciptaan pertama kali restoran di Prancis pada pertengahan abad XVIII (dalam bahasa Prancis dengan takarir bahasa Indonesia).

Sabtu, 14 Oktober pukul 10.00 – 15.00 di Institut français Yogyakarta (Jl. Sagan No. 3), akan ada “pasar prancis” yang terdiri dari 9 stand akan menawarkan menu khas Prancis: Mediterranea Store & Bakery, Séna Kopi & Pâtisserie, My Little Warung, Kejugja, Akkar Juice Bar, R&B Grill, Kebun Hidroponik, C bon, Maju Makmur.

"Malam pembukaan secara resmi acara Pekan Gastronomi “Cita rasa Prancis j’adore! Akan diselenggarakan pada Kamis, 12 Oktober pukul 19.00 di restoran “Masama by Kamil “ (Tirtodipuran St No. 26)," pungkasnya. (Anz)