Bantul

Pelajar di Bantul Komitmen Tidak Ikut Geng Sekolah dan Kejahatan Jalanan

  • BANTUL, Jogjaaja.com - Perwakilan pelajar sekolah di Kabupaten Bantul mendeklarasikan bebas geng sekolah, kejahatan jalanan, narkoba dan miras serta berjanji me
Bantul
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Perwakilan pelajar sekolah di Kabupaten Bantul mendeklarasikan bebas geng sekolah, kejahatan jalanan, narkoba dan miras serta berjanji mematuhi aturan yang berlaku di wilayah setempat Senin (20/3/2023).

Wakil Bupati Bantul Joko Budi Purnomo menyebut, lewat deklarasi itu murid diharapkan fokus pada ketugasannya sebagai anak sekolah, sehingga terbangun komitmen pelajar yang bersinergi dan kompak dalam memerangi kegiatan yang bertentangan dengan aktivitas sekolah.

"Deklarasi ini hanya sarana dan yang lebih penting ialah komitmen dalam mewujudkan perubahan perilaku demi daerah Bantul yang prestasi dan produktif," katanya.

Pihaknya juga mengajak peran serta orang tua dalam melakukan pengawasan dan pembinaan kepada pelajar. Pemantauan terhadap aktivitas keseharian anak harus dilakukan dengan intensif demi mengantisipasi para pelajar terjerumus dalam aktivitas yang tidak produktif.

"Kami juga terus berupaya melakukan kegiatan positif di sekolah apabila bulan puasa. Dikpora juga kami ajak membuat terobosan agar ada kegiatan ekstrakurikuler yang bisa membawa dampak positif," ujarnya.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan, murid sekolah merupakan generasi penerus dan harus dijaga cita-citanya. Jangan sampai aktivitas yang tidak produktif merusak masa depan anak-anak sekolah di Bantul. Maraknya fenomena kriminal beberapa waktu belakangan  diharapkan tidak sampai mempengaruhi para murid sekolah untuk ikut terlibat.

"Jangan sampai mimpi mereka terhenti karena terlibat geng sekokah, korban kejahatan jalanan atau miras oplosan. Sehingga kita laksanakan deklarasi untuk menolak semuanya dan mewujudkan mimpi mereka karena mereka yang nanti akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan," kata Ihsan.