Jogja

Pelaku UKM Dapat Bantuan BLT BBM di Yogyakarta

  • YOGYA, Jogjaaja.com -  Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM setempat menyalurkan bantuan langsung tunai dampak kenaikan
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com -  Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM setempat menyalurkan bantuan langsung tunai dampak kenaikan bahan bakar minyak untuk pelaku usaha mikro dan ultra mikro di wilayahnya, Rabu (30/11/2022).

“Bantuan diberikan untuk tiga bulan sekaligus dari Oktober hingga Desember. Harapannya tidak untuk konsumsi rumah tangga tetapi bisa dimanfaatkan menambah modal usaha,” kata Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto.

Pihaknya mengalokasikan bantuan sebesar Rp200.000 per bulan dengan durasi bantuan selama tiga bulan, sehingga setiap pelaku usaha mikro akan memperoleh total bantuan Rp600.000.

Menurut Tri Karyadi, pelaku usaha mikro dan ultra mikro yang menerima bantuan dipastikan warga Kota Yogyakarta dan belum menerima bantuan sosial dalam bentuk apapun baik BLT BBM, program keluarga harapan, bantuan sembako maupun bantuan sosial lainnya.

Pada awalnya, penerima BLT BBM untuk UKM berjumlah 501 pelaku usaha yang menjadi bagian dari hasil pendataan UKM yang telah dilakukan sebelumnya yaitu sebanyak 7.500 pelaku usaha.

Namun, setelah dilakukan pencermatan diketahui terdapat tiga pelaku usaha yang sudah menerima bantuan sosial lain sehingga nama mereka pun dicoret.

“Kami kemudian mengajukan alokasi untuk 498 penerima. Namun, ternyata ada dua penerima lagi yang juga sudah menerima bantuan sosial sehingga namanya harus dicoret. Jadi, total penerima BLT BBM UKM sebanyak 496 pelaku usaha,” katanya.

Tri menambahkan, pencermatan data yang dilakukan berulang kali tersebut ditujukan agar bantuan sosial tepat sasaran dan tidak ada penerima ganda. “Sisa dana bantuan untuk dua pelaku usaha yang sudah terlanjur dialokasikan akan dikembalikan ke kas negara,” katanya.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan, penyaluran BLT BBM untuk pelaku UKM merupakan afirmasi pemerintah daerah untuk membantu pelaku usaha yang terdampak kenaikan harga BBM.

 

“Dana bantuan berasal dari APBD Kota Yogyakarta. Kami ingin memberikan dukungan untuk pelaku usaha yang memang belum mendapat intervensi apapun dari pemerintah,” katanya.