Jogja

Pemda DIY Gelar Donor Darah Peringati HKB 2024

  • YOGYA, Jogjaaja.com Pemda DIY bekerja sama dengan PMI Kota Yogyakarta menggelar aksi donor darah untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2024 pada J
Jogja
Leon

Leon

Author

YOGYA, Jogjaaja.com Pemda DIY bekerja sama dengan PMI Kota Yogyakarta menggelar aksi donor darah untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2024 pada Jumat (26/4/2024) di Kompleks Kepatihan, Pemda DIY.

Wakil Ketua Panitia HKB 2024, Taufik mengatakan, aksi donor darah ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kemanusiaan dan empati kepada sesama yang membutuhkan lewat hal kecil. "Ini merupakan aksi kemanusiaan yang bertepatan dengan peringatan HKB 2024. Jadi kami menggelar aksi donor darah," katanya.

Taufik menerangkan, peserta dalam aksi donor darah itu terdiri dari ASN, relawan dan masyarakat umum. Mereka sebelumnya telah mendaftar secara daring dan juga langsung datang ke lokasi. "Target kami sampai 100 orang saja karena keterbatasan waktu. Antusiasmenya sangat luar biasa," jelasnya.

Peserta yang ikut aksi donor darah itu harus mengikuti skrining kesehatan terlebih dahulu, apakah memenuhi syarat atau tidak untuk mengikuti donor darah. Setelah mengisi formulir dan dinyatakan layak, baru diperbolehkan mendonorkan darahnya. "Hasilnya nanti kami serahkan ke PMI Kota Yogyakarta untuk mengelola," ujarnya.

Dalam agenda itu pihaknya juga menggandeng Fakultas Kedokteran UAD untuk memberikan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Diharapkan aksi ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah di wilayah setempat.