Bantul

Pemerintah Kabupaten Bantul Donasi Bantuan Tahap II untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

  • BANTUL, Jogjaaja.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis, M.M., melepaskan secara simbolis tim relawan yang terdiri dari FPRB, PMI, KOPASSU
Bantul
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis, M.M., melepaskan secara simbolis tim relawan yang terdiri dari FPRB, PMI, KOPASSUS, Tagana dan MJC di Lapangan Paseban guna mengirim bantuan logistik untuk korban terdampak Semeru di Kabupaten Lumajang tahap 2.

Bantuan yang dikumpulkan sejak 6 Desember sampai 22 Desember 2021 dari seluruh masyarakat Bantul oleh FPRB Kalurahan se-Kabupaten Bantul dibawa ke Lumajang dengan menggunakan 3 truk dan 1 bus ini. 

Bantuan terkumpul sejumlah 51 item berupa sembako, alat kebersihan, kebutuhan bayi, obat-obatan dan pakaian dengan nilai barang sejumlah Rp. 789.469.150,- serta nilai bantuan berupa uang sejumlah Rp. 422.126.865,- dengan jumlah keseluruhan jika dinilai dengan uang sejumlah Rp. 1.211.596.015,-.

“Bantuan ini merupakan bantuan tahap ke 2 setelah 6 Desember melakukan pengiriman bantuan yang pertama, selain membawa bantuan berupa barang dan uang, tim relawan juga memberikan bantuan berupa pembangunan infrastruktur berupa pos pantau di semeru dan juga memberikan alat berupa Early Warning System atau EWS yang mudah - mudahan bisa membantu masyarakat di lereng Semeru dalam tahap-tahap menghadapi bencana Semeru,” ujar Waljito, Ketua FPRB Kabupaten Bantul.

Tim relawan dari Kabupaten Bantul juga memberikan pelatihan tanggap darurat kebencanaan kepada masyarakat di lereng Semeru. Harapannya, warga lereng Semeru yang terdampak erupsi bisa tanggap, siap, dan tangguh menghadapi bencana.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis, M.M., memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada warga masyarakat yang telah memberikan bantuan dan FPRB maupun relawan yang telah mengumpulkan dan mendistribusikan bantuan. 

Harapannya tim relawan bisa melaksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan amanah yang diberikan.

“Sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila, tentunya warga masyarakat dari manapun juga yang mengalami penderitaan, sudah seharusnya kita memberikan bantuan. Kita merelakan tenaga, pikiran, dan sebagian harta kita dalam rangka meringankan permasalahan yang dihadapi,” pungkas Sekda. (*)