Jogja

Pemkot Yogya Mulai Salurkan BLT BBM APBD ke Warga Terdampak

  • YOGYA, Jogjaaja.com -  Pemerintah Kota Yogyakarta mulai menyalurkan BLT BBM APBD kepada keluarga penerima manfaat (KPM) terdampak pada Selasa (29/11/2022)
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com -  Pemerintah Kota Yogyakarta mulai menyalurkan BLT BBM APBD kepada keluarga penerima manfaat (KPM) terdampak pada Selasa (29/11/2022) di kantor pos besar Yogya.

Penyaluran ditargetkan rampung dalam satu hari agar tidak mengganggu pelayanan penyaluran bantuan lain di tempat itu.

Kepala Dinas Sosial, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Yogya, Maryustion Tonang mengatakan, bantuan BLT BBM kepada masyarakat terdampak merupakan amanat dari pemerintah pusat. Lewat bantuan itu diharapkan masyarakat tetap mampu menjaga daya beli dan perekonomian tetap stabil.

"Titik pembagian kita laksanakan di dua lokasi yakni kantor pos besar dan kantor pos Muja-muju. Total ada 3.420 KPM yang menerima dengan nilai bantuan sebanyak Rp600.000," kata dia.

Pihaknya memastikan tidak ada penerima ganda dalam penyaluran bantuan itu. Sebab, data penerima sudah disandingkan dengan program bantuan lain sehingga ditemukan warga yang belum sama sekali menerima bantuan dan berhak menjadi penerima BLT BBM APBD.

"Karena yang kemarin kan sudah untuk BLT BBM APBN, data itu sudah kita sandingkan dengan sejumlah program bantuan yang lain baik dari pusat dan daerah, sehingga yang belum menerima itu otomatis langsung kita tetapkan sebagai penerima BLT BBM APBD," jelasnya.

Ditargetkan bantuan bisa diselesaikan secepat mungkin agar tidak menganggu layanan lain di kantor pos. Hal itu juga demi menjaga daya beli masyarakat agar sesegera mungkin membelanjakan bantuan yang diberikan untuk kebutuhan pokok dan perekonomian kembali bergerak.

"Karena ini kan banyak program-program lain yang akan disalurkan di akhir tahun sehingga tidak menganggu," jelasnya. (Anz)