Jogja

Pemkot Yogyakarta Gandeng KPK Cegah Korupsi Lewat Keluarga Berintegritas

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar bimbingan teknis(bimtek) Keluarga Berintegritas pada Rabu
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar bimbingan teknis(bimtek) Keluarga Berintegritas pada Rabu (18/10/2023). Melalui bimtek itu diharapkan dapat membentuk keluarga berintegritas untuk mencegah tindak pidana korupsi. Mengingat kasus korupsi yang terjadi di Indonesia selama ini salah satunya dipengaruhi dan melibatkan keluarga.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan kegiatan bimtek keluarga berintegritas adalah kolaborasi antara Pemkot Yogyakarta dengan KPK RI. Peserta bimtek adalah sekda, asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah dan mantri pamong praja bersama suami atau istrinya. Tujuan kegiatan itu untuk memberikan bekal pengetahuan serta membentuk sifat integritas.

“Kita berkolaborasi dengan KPK RI dari Direktur Pembinaan Peran serta Masyarakat. Dalam hal ini pencegahan bagaimana korupsi tidak dilakukan atau menghindarkan diri dari perbuatan korupsi di Pemkot Yogyakarta,” kata Singgih usai membuka Bimtek Keluarga Berintegritas di Hotel New Saphir.

Pihaknya menegaskan upaya mengingatkan pejabat dan keluarganya untuk mencegah korupsi tidak berhenti pada kegiatan bimtek itu. Singgih menyatakan pada level Pemkot Yogyakarta ada forum-forum untuk mengingatkan sekaligus pengawasan yang melekat oleh Inspektorat. Termasuk regulasi-regulasi terkait dan Tim Saber Pungli Kota Yogyakarta yang melibatkan aparat penegak hukum. Di samping itu peran serta masyarakat melalui layanan aduan pemkot akan ditindaklanjuti.

Sementara itu Direktur Pembinaan Peran serta Masyarakat KPK RI Brigjen. Pol. Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi menyampaikan dalam pemberantasan korupsi tidak hanya dengan penegakan hukum. Tapi juga harus dibarengi dengan pendidikan dan pencegahan. Ketiga strategi itu juga harus didukung adanya peran serta masyarakat. Bimtek Keluarga Berintegritas itu adalah salah satu program yang diinisiasi oleh KPK dalam memberdayakan masyarakat berperan serta dalam mencegah korupsi.

“Makanya kami kolaborasi dengan Pemkot Yogyakarta dalam rangka mengingatkan keluarga bagaimana pentingnya keluarga mengimplementasikan nilai-nilai integritas mulai dari kejujuran, kedisiplinan, peduli, tanggung jawab dan sebagainya. Termasuk di lingkup ASN, sehingga mereka bisa melayani masyarakat dengan baik tidak melakukan korupsi,” terang Kumbul. (Anz)