Sentra IKM.
Ekonomi, Fintech & UMKM

Pemkot Yogyakarta Kembali Launching Dua Sentra IKM

  • Pemerintah Kota Yogyakarta kembali melaunching Sentra Industri Kecil Menengah (IKM). Tidak tanggung-tanggung, ada dua sentra IKM yang diresmikan pada Kamis (15/9/2022), yaitu sentra IKM Kotagede dan Pakualaman.
Ekonomi, Fintech & UMKM
Tyo S

Tyo S

Author

YOGYAKARTA, Jogjaaja.com - Pemerintah Kota Yogyakarta kembali melaunching Sentra Industri Kecil Menengah (IKM). Tidak tanggung-tanggung, ada dua sentra IKM yang diresmikan pada Kamis (15/9/2022), yaitu sentra IKM Kotagede dan Pakualaman.

Dua sentra IKM ini terpusat di halaman Kantor Kemantren Kotagede. Sebelumnya, beberapa waktu lalu Pemkot Yogyakarta juga meresmikan sentra IKM di Kemantren Umbulharjo.

Sebagai informasi Pemkot Yogyakarta pada tahun ini menargetkan akan meluncurkan enam sentra IKM di beberapa tempat. Pada sentra ini, terdapat berbagai potensi dari dua wilayah tersebut seperti kerajinan perak, kuliner, batik, dan masih banyak lagi.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto mengatakan tujuan diadakannya sentra tersebut adalah untuk mengoptimalkan proses pembinaan sentra-sentra IKM, serta meningkatkan kualitas pemberdayaan IKM di Kota Yogyakarta. 

"Sentra IKM dibentuk sesuai jenis usaha di masing-masing wilayah. Hadirnya kampung sentra IKM di dua kemantren ini sebagai bentuk memperkenalkan keberadaan sentra-sentra di wilayah kepada masyarakat dan pemangku kepentingan," bebernya.

Dengan di resmikannya sentra IKM tersebut diharapkan para pelaku IKM dapat menghasilkan produk yang lebih inovatif, serta berkualitas, untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan. "Harapan kami pelaku usaha yang telah tergabung dalam Sentra IKM ini, menghasilkan produk yang lebih inovatif," bebernya.

Sementara itu Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi menyambut baik acara tersebut, menurutnya dengan adanya sentra tersebut dapat mendorong berkembangnya IKM di Kota Yogyakarta. "Mari kita berikan perhatian penuh pada sentra Industri Kecil dan Menengah kita ini, sehingga dapat menjadi jujugan seluruh Nusantara," katanya.