Jogja

Pemkot Yogyakarta Sediakan Vaksinasi Rabies Gratis

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Pemkot Yogyakarta menyediakan ratusan dosis vaksinasi rabies kepada masyarakat luas yang bisa diakses pada bulan ini untuk mencegah penula
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Pemkot Yogyakarta menyediakan ratusan dosis vaksinasi rabies kepada masyarakat luas yang bisa diakses pada bulan ini untuk mencegah penularan penyakit tersebut. Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan selama tiga hari yakni 15,16 dan 17 Februari di Klinik Hewan Tegalturi Yogyakarta.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Suyana menjelaskan, program vaksinasi rabies tetap dijalankan meski wilayah ini sudah dinyatakan bebas penyakit rabies sejak 1997 silam. Upaya antisipasi penyebaran penyakit dari hewan peliharaan harus diwaspadai dengan menggencarkan vaksinasi rabies.  "Total kita sediakan ratusan dosis dan bisa diakses masyarakat secara gratis," ujarnya, Jumat (10/2/2023).

Suyana menerangkan, program vaksinasi rabies itu dijalankan bersama Animal Friend Jogja yang nantinya juga membantu mengkampanyekan soal pentingnya vaksinasi rabies kepada hewan peliharaan anjing dan kucing.

"Syaratnya cukup mudah dan kami akan buka pendaftaran sejak 14 Februari nanti. Bagi warga Kota Jogja kita gratiskan selama persediaan vaksin cukup," ungkapnya.

Hewan peliharaan yang akan divaksin harus sudah berusia minimal 4 bulan, dalam kondisi sehat, tidak bunting dan menyusui, sudah mendapatkan obat cacing minimal satu minggu dan maksimal tiga bulan sebelum divaksin.

"Kita ajak masyarakat Jogja untuk berpartisipasi dalam program ini, karena kan sangat penting untuk mengantisipasi sebaran penyakit rabies," ungkapnya. (Anz)