Jogja

Pemkot Yogyakarta Waspadai Jajanan Berbahaya pada Anak

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Pemerintah Kota Yogyakarta mewaspadai kemunculan jajanan berbahaya pada anak menyusul ditemukannya dua anak keracunan jajanan Chikibul di
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Pemerintah Kota Yogyakarta mewaspadai kemunculan jajanan berbahaya pada anak menyusul ditemukannya dua anak keracunan jajanan Chikibul di wilayah Sleman beberapa waktu lalu.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum menemukan potensi yang berbahaya pada jajajan anak di wilayahnya. Namun begitu bukan berarti pengawasan tidak dilakukan.

"Kita sudah koordinasikan dengan instansi yang berwenang agar pengawasan dioptimalkan apalagi surat edaran soal jajajan berbahaya juga sudah dikeluarkan oleh pusat," kata Aman, Selasa (17/1/2023).

Menurutnya pengawasan terhadap jajajan berbahaya itu nantinya akan dilakukan oleh petugas lintas instansi seperti Dinas Perdagangan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan maupun BPOM Yogyakarta.

"Kita memang tidak ada pengaturan khusus soal jajanan anak, namun tetap kewaspadaan dan pengawasan harus dilakukan dengan optimal," katanya.

Apalagi produk jajajan yang dijual kepada masyarakat atau anak mestinya sudah mengantongi izin yang dikeluarkan khusus oleh dinas terkait. Kalau pun belum, jajajan yang dijual mestinya tidak boleh mengandung bahan berbagai seperti halnya Chikibul yang mengandung nitrogen cair yang tidak disarankan untuk kesehatan.

"Landasan dan pedoman dalam hal jajanan anak kan sudah ada dari pusat, itu saja yang dijadikan pedoman agar potensi berbahaya pada makanan bisa diminimalisir," pungkasnya. (Anz)