Jogja

Pencak Malioboro Festival Angkat Tema Beragam Tidak Harus Seragam

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Pesta akbar ajang berkumpulnya para pesilat terbesar Pencak Malioboro Festival 2023 kembali hadir pada 10-11 November mendatang. Event yan
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Pesta akbar ajang berkumpulnya para pesilat terbesar Pencak Malioboro Festival 2023 kembali hadir pada 10-11 November mendatang. Event yang ketujuh kalinya ini diharapkan dapat membangkitkan kembali, melestarikan dan mempopulerkan pencak silat sebagai warisan budaya bangsa Indonesia yang luar biasa.

Perwakilan panitia Pencak Malioboro Festival Antok Sugiarto menyatakan, penyelenggaraan Pencak Malioboro Festival 7 2023 ini adalah awal kebangkitan kembali setelah vakum tidak ada kegiatan selama 3 tahun terhempas oleh pandemi COVID. Yang berbeda dari Pencak Malioboro Festival 7 2023 ini adalah, untuk tahun ini Lomba Koreografi Pencak Silat diadakan langsung 2 (dua) kategori.

"Keduanya yakni umum dan anak, dimana Kategori Umum akan memperebutkan Piala Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan kategori anak akan memperebutkan piala Sri Paduka KGPAA Paku Alam X," jelasnya, Rabu (8/11/2023). 

Selain itu untuk penyelenggaraan Pencak Malioboro Festival 7 2023 ini, kirab Pencak silat ditiadakan. Hal ini terpaksa diambil dengan pertimbangan untuk mengurangi residu dari perkembangan yang terjadi di komunitas Pencak Silat belakangan serta dikarenakan sudah memasuki masa PEMILU.

"Dengan mengusung tema Beragam Tidak Harus Seragam, Tetap Bersatu Dalam Perbedaan, kami bertekad dapat merangkul semua elemen Pencak Silat Tradisional, baik itu aliran, perguruan maupun pemerhati agar dapat bersama, Bersatu dalam satu tujuan melestarikan pusaka kearifan budaya warisan nenek moyang Nusantara ini serta mendudukan kembali Pencak Silat Tradisional sebagai tuan rumah di negeri sendiri," katanya.

Adapun beragam kegiatan yang dihadirkan yakni Lomba Koreografi Pencak, Bazaar, Workshop Pencak Silat, Lomba Mewarnai Anak, Panggung Gebyar Pencak Silat, Kaulan Pencak, Sambung Rasa Bersama Yang Mulia Sri Paduka KGPAA Paku Alam X.

"Pencak Malioboro Festival telah menjadi destinasi budaya yang selalu ditunggu setiap tahunnya oleh ribuan orang dari dalam dan luar Negeri, dan membuktikan bahwa Pencak Silat juga dapat memberikan kebanggaan dan kontribusi dari sisi Budaya dan Pelestariannya," ujarnya. (Anz)