Jogja

Penjabat Walikota Yogyakarta Minta Perangkat Daerah Evaluasi Sasaran Kinerja Per Tiga Bulan

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi meminta kepada seluruh perangkat daerah yang berada di wilayahnya untuk menerapkan evaluasi kinerja d
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi meminta kepada seluruh perangkat daerah yang berada di wilayahnya untuk menerapkan evaluasi kinerja dengan durasi per tiga bulan setiap tahunnya.

Hal ini bertujuan untuk mempercepat sasaran kinerja tercapai.

"Di DIY sudah menerapkan seperti itu, bukan artinya kita ikut-ikutan tidak. Tapi dengan evaluasi per tiga bulan tentu pencapaian kinerja bisa semakin maksimal," kata Sumadi dalam pemaparan penilaian mandiri SAKIP dan Reformasi Birokrasi Triwulan I dan II, Kamis (28/7/2022).

Dalam penilaian mandiri itu Pemkot Yogya mencapai angka 90 persen untuk aspek pemenuhan, 57, 30 dalam aspek hasil antara area perubahan dan 95,27 persen untuk aspek reformasi birokrasi.

Hanya saja, penilaian yang dilakukan Inspektorat Kota Yogyakarta itu menyatakan bahwa masih terdapat perbedaan yang signifikan antara capaian di level kota dengan perangkat daerah.

Sumadi menambahkan, perbedaan hasil capaian antara level kota dengan perangkat daerah itu dimungkinkan lantaran pelaporan hasil yang terlambat.

Pihaknya meyakini bahwa perangkat daerah tetap berkomitmen dalam menjalankan tahapan organisasi di pemerintahan untuk pencapaian kinerja.

"Kita harapkan tentu pada triwulan selanjutnya bisa semakin ditingkatkan dan muaranya tetap pada pelayanan masyarakat yang semakin optimal," ungkapnya.

Lebih lanjut Sumadi juga meminta agar tiap perangkat daerah mampu memperbaiki tata kelola organisasi. Misalnya saja dengan menunjuk tim khusus atau orang yang tepat dalam melakukan tahapan-tahapan sasaran di lapangan.

"Dengan pelaporan yang berkala dan perbaikan tertentu dalam target kinerja tentu kita yakini hal ini akan semakin mempercepat sasaran tercapai," jelasnya. (Anz)