Jogja

Penyaluran BLT BBM ke Masyarakat Harus Diawasi

  • YOGYA, Jogjaja.com - Forum Pemantau Independen (Forpi) Pemerintah Kota Yogyakarta berharap kepada masyarakat Kota Yogyakarta agar turut serta melakukan pengawas
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaja.com - Forum Pemantau Independen (Forpi) Pemerintah Kota Yogyakarta berharap kepada masyarakat Kota Yogyakarta agar turut serta melakukan pengawasan atas penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM, dampak dari kenaikan harga BBM bersubsidi yang telah diumumkan pemerintah.

Anggota Forpi Kota Yogyakarta, 
Baharuddin Kamba mengatakan, pengawasan BLT BBM menjadi hal penting agar alokasi bantuan yang diberikan tepat sasaran. Hal ini juga untuk mengantisipasi adanya permasalahan di lapangan saat penyaluran.

"Forpi Kota Yogyakarta meminta agar penyaluran BLT BBM diawasi bersama-sama. Jika ada indikasi adanya penerima BLT BBM tidak tepat sasaran (tak patut menerima), maka masyarakat diminta tidak segan mengadukan atau melaporkannya ke kantor Sekterariat Forpi Kota Yogyakarta, yang berada di kompleks Balaikota Yogyakarta (Timur Kantor Satpol PP)," katanya, Minggu (11/9/2022).

Forpi Kota Yogyakarta, kata dia  turut serta melakukan pemantauan penyaluran BLT BBM yang diselenggarakan di Kantor Pos Besar Kota Yogyakarta, Sabtu (10/09/2022).

Menurutnya ada beberapa catatan sebagai bahan perbaikan ke depannya agar penyaluran menjadi lebih baik. Pertama, terkait jaga jarak sulit dihindarkan, kedua, orangtua masih mengajak anaknya untuk ikut antre BLT BBM.

"Dan ketiga, pengambilan tidak sesuai dengan jadwal sehingga sempat terjadi penumpukan meskipun segera diatasi oleh petugas setempat," ujarnya.

Harapannya penyaluran BLT BBM betul-betul sampai kepada masyarakat yang membutuhkan dan layak menerimanya atau tepat sasaran, tidak dipersulit dalam pencairannya, tidak ada pemotongan serta tidak menimbulkan kerumunan massa. Maka, perlu diatur jadwal penyalurannya dan pengawasan secara ketat. Masyarakat diharapkan dalam hal pengambilan sesuai dengan jadwal atau waktu penyaluran BLT BBM yang telah ditentukan.

"Forpi Kota Yogyakarta mengapresiasi langkah pihak Kantor Pos Besar Yogyakarta dengan sistem jemput bola bagi lansia maupun penyandang disabilitas dengan datang ke rumah. Langkah tersebut layak diapresiasi," pungkasnya. (Anz)