Kegiatan cooking class di SD Sorowajan.
Bantul

Peringati Hari Guru Nasional 2022, SDK Sorowajan Bantul Gelar "Parents Participation"

  • Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2022, SD Kanisius Sorowajan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar "Parents Participation" di sekolah setempat, Kamis (24/11/2022).
Bantul
Tyo S

Tyo S

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2022, SD Kanisius Sorowajan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar "Parents Participation" di sekolah setempat, Kamis (24/11/2022). Menurut Ketua Komite Sekolah SDK Sorowajan, Ignatius Bayu Adji, kegiatan yang pertama ialah Cooking Class.

Tujuan dari cooking class ini yaitu untuk mengenalkan makanan sehat kepada anak, mengedukasi anak tentang cara membuat makanan, alat-alat yang digunakan, kandungan bahan-bahan, serta keuntungan dari makanan tersebut (kita menjadi sehat & bisa dijual). Selain itu, anak jadi lebih menghargai ortu dalam hal menyiapkan makanan (dari membeli bahan, memasak, sampai beres-beres alat). Serta mengajak orangtua untuk berperan serta dalam mendidik anak di sekolah (merasakan menjadi guru).

"Jadi, dari kegiatan ini orangtua ikut merasakan bagaimana menjadi seorang guru. Serta memiliki pemahaman bersama bahwa tanggung jawab pendidikan anak itu tidak semata-mata jadi kewajiban sekolah saja. Tetapi juga perlu keterlibatan dari semua pihak," terang Bayu Aji di sela kegiatan.

Dari kegiatan ini, Bayu mengapresiasi kepada orangtua, anak-anak serta dukungan dari guru sehingga mampu memberikan pengalaman pembelajaran yang berbeda di sekolah. Salah satu orangtua/wali murid kelas 3A yang bertugas cooking class, Yovita Astri menuturkan bahwa anak-anak diajari membuat salad buah ala Western Salad.

"Dengan ikut kegiatan ini, anak-anak menjadi tahu kandungan dan manfaat buah. Bagi yang tidak suka buah tetap harus mencoba sedikit agar tahu rasa dari buah itu sendiri. Tentu kami berharap anak-anak menjadi suka makan buah," terang Yovita.

Di samping itu, anak-anak juga dijelaskan mengenai Indonesia Salad. Yakni lotek, gado-gado, kupat tahu, ketoprak, acar, rujak dan pecel.  Acara juga diisi dengan "market day" yang menjual makanan sehat bagi para siswa. Juga ada sesi kegiatan bebas antara orangtua dan anak di kelas masing-masing.

Oktaviani Hastu Sudiyarto, salah satu orangtua murid yang bertugas untuk kegiatan anak dengan orangtua menceritakan bahwa dirinya dulu sebelum lulus kuliah, sempat mengajar di SDK Sorowajan untuk menggantikan teman. 

"Dulu saya pernah mengajar setahun saja. Kepala sekolah saat itu bilang, saya berhasil mengajar tapi belum berhasil mendidik. Jadi, hanya berhasil menyampaikan materi sesuai kurikulum saja," ungkap dia.

Hari ini saat berada di depan kelas seperti diingatkan kembali bahwa menjadi guru tak sekadar menyampaikan materi, tapi juga menjaga anak tetap fokus dan memperhatikan kita saat mengajar. Mengelola kelas dalam waktu satu jam tidak mudah, apalagi para guru melakukannya selama jam sekolah.

"Saya pun sadar volume suara tak bisa tinggi sehingga anak-anak yang di belakang kelas mudah terdistraksi. Salut sungguh untuk bapak ibu yang tetap berdedikasi menjadi guru. Karena memang menjadi guru itu tidak mudah," tutur dia.

Sedang Yohana Nirakarananda, salah satu siswa Kelas 3B mengaku senang dengan kegiatan ini. Sebab, ada pengalaman dan pelajaran yang berbeda dibanding biasanya. 

"Saya senang bisa ada kegiatan bareng orangtua. Selain itu juga ada sesi bercerita tentang cita-cita dan apa yang harus dilakukan agar cita-cita itu bisa tercapai," kata Nira.

Pada kegiatan Parents Participation yang digelar dalam rangka Hari Guru Nasional 2022 ini, salah satu guru kelas 3A, Sandra Kusmainah mengaku senang dengan kegiatan Parents Participation. Karena menurut dia, dulu saat hari guru nasional, hanya ada kegiatan internal bagi para guru saja. Tetapi saat ini kegiatannya melibatkan orangtua, siswa dan guru.

"Kami sangat terharu bisa ada kolaborasi antara orangtua dan guru. Bahkan orangtua dan siswa juga sangat antusias ikut kegiatan ini," katanya.

Sedangkan Kepala SDK Sorowajan Bantul, Anna Maria Wahyuni mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Parents Participation dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2022. 

"Sungguh kami haturkan terimakasih atas kolaborasi atas kado terindah dari Bapak dan Ibu orangtua siswa, terlebih bagi kami guru SD Kanisius Sorowajan atas kolaborasinya untuk satu hari para orangtua mengajar bagi putra dan putrinya. Tentu ini bisa memberikan pengalaman langsung dalam kehidupan sehari-hari," tandas Anna Maria.

Tentunya, kegitan ini berjalan dengan lancar berkat peran serta dari kolaborasi antara Komite Sekolah, POMG, para guru dan siswa yang terjalin dengan sangat baik. (*)