Jus buah memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Gaya Hidup

Perkuat Imunitas, Jus Buah-buahan Ini Layak Dikonsumsi di Masa Pandemi

  • JOGJA, Jogjaaja.com - Di masa pandemi COVID-19 ini, olahraga menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Kalian bisa jogging, bersepeda, senam, ata
Gaya Hidup
Tyo S

Tyo S

Author

JOGJA, Jogjaaja.com - Di masa pandemi COVID-19 ini, olahraga menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Kalian bisa jogging, bersepeda, senam, atau bisa melakukan berbagai macam olahraga lainnya. Tentunya dengan tetap menerapkan protocol kesehatan melalui 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan).

Namun dalam berolahraga, kamu juga harus bisa mengukur kemampuan. Jangan memaksakan diri untuk terus berolahraga saat tubuh sudah mulai kelelahan. Kamu juga butuh istirahat cukup dan minum air putih atau minuman sehat enak dan menyegarkan. 

Minuman sehat enak dan menyegarkan yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga adalah jus buah. Jus buah yang mengandung banyak nutrisi menyehatkan diantaranya adalah jus buah naga, jus jambu, dan jus mangga. 

Buah naga merupakan buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan sub tropis seperti Asia dan Amerika Selatan. Sesuai dengan namanya, buah ini memiliki sisik menyerupai sisik naga. Bentuk tanamannya pun unik karena batangnya mirip dengan kaktus besar.

Meski demikian, buah naga memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Kandungan gizi buah ini sangat tinggi. Berdasarkan data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan gizi dari 100 gram buah naga mentah terdiri dari 85,7 gram air, 71 energi, 1,7 gram protein, 3,1 gram lemak, 9,1 gram karbohidrat, 3,2 gram serat, 13 mg kalsium, 14 mg fosfor, 0,4 mg zat besi, 10 mg natrium, 128 mg kaliun, 0,4 mg zinc, 0,5 mg vitamin B1, 0,3 mg vitamin B2, 0,5 mg vitamin B3, dan 1 mg vitamin C.

Tak hanya itu, buah naga juga mengandung berbagai zat gizi lainnya seperti vitamin E, magnesium, dan likopen atau senyawa yang memiliki sifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. 

Dengan kandungan seperti di atas, buah naga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, seperti menjaga kulit kencang dan elastis, mengurangi risiko kanker, meningkatkan Kesehatan jantung, mengontrol gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan flu dan batuk, menurunkan berat badan, meningkatkan Kesehatan pencernaan, menjaga Kesehatan tulang, merawat radang sendi, mengurangi jerawat, meredakan nyeri pada kulit yang terbakar sinar matahari, melindungi rambut dari kerusakan, mengatasi sembelit pada ibu hamil, dan mengurangi risiko kanker.

Jus mambu juga mengandung banyak vitamin. Dikutip dari buku Manfaat Buah: Manfaat Buah-buahan Oleh Dayat Suryana, kandungan vitamin A pada jambu merah mencapai 21% dari kebutuhan harian, 20% folat, flavonoid, termasuk betakaroten, antioksidan lycopene, lutein, cryptoxanthin, dan kalium.

Selain mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh, jus jambu juga memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaat dari jus buah:

1. Membantu kesehatan mulut

Vitamin C di dalam jus jambu memiliki manfaat mencegah sariawan dan gusi bengkak.

2. Membantu mencegah batuk dan demam

Minum jus jambu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, orang bisa terhindar dari batuk dan demam.

3. Melancarkan pencernaan

Tingginya kandungan vitamin C dalam jus jambu akan membawa kotoran yang tidak terserap di dalam usus sehingga membantu keluarnya deposit kotoran. 

4. Membantu tekanan darah dan mengurangi hipertensi

Jus jambu mengandung potassium yang dapat menjaga kestabilan tekanan darah dan mengurangi dampak hipertensi.

5. Membantu kesehatan mata

Jambu biji merah mengandung vitamin A sebanyak 21% dari kebutuhan harian tubuh. Kandungan vitamin A tersebut memperlambat munculnya katarak dan membantu Kesehatan mata.

Begitu juga dengan jus mangga. Tak hanya nikmat, buah bercita rasa manis dan asam ini rendah kalori tetapi kaya akan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Satu buah mangga yang bisa dijadikan minuman sehat enak dan menyegarkan seperti jus ini, memiliki kandungan kandungan vitamin C, beta karoten, dan kalium. 

Dilansir dari Healthline, kandungan gizi satu gelas (165 gram) jus buah mangga disebut dapat mencukupi 70 persen kebutuhan harian vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Mangga juga mengandung folat, fosfor, selenium, zat besi, vitamin A, E, B5, K, dan antioksidan.

Selain itu, mengonsumsi jus buah mangga bagi juga memiliki manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Dengan kandungan lengkap yang dimilikinya, jus buah mangga penting dalam membantu sistem daya tahan tubuh agar tetap sehat. 

2. Mendukung kesehatan jantung

Mangga mengandung magnesium dan kalium yang membantu menjaga Kesehatan denyut jantung dan pembuluh darah menjadi lebih rileks. Selain itu, manga juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

3. Memperlancar pencernaan

Mangga memiliki kandungan enzim amilase yang disebut sangat baik untuk pencernaan. Amilase dapat memecah molekul makanan besar sehingga mudah diserap oleh tubuh. 

4. Membantu kesehatan mata

Selain mengandung vitamin C, mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik untuk Kesehatan mata. Hal ini karena di dalam mangga terkandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat terakumulasi di retina mata dan melindungi mata.

5. Menyehatkan kulit dan rambut

Vitamin C yang terkandung dalam buah mangga, dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. 

6. Menurunkan risiko kanker

Zat polifenol pada mangga memiliki sifat antikanker. Pasalnya polifenol dapat melindungi tubuh dari stress oksidatif yang menjadi penyebab berbagai jenis kanker. 

Setiap buah dalam jus ini mengandung vitamin dan mineral yang berbeda. Karena itu, mengonsumsi jus buah terutama pada saat berolahraga, bisa menjaga kesehatan tubuh, terutama memelihara daya imun di masa pandemi. Jus buah ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bosan memakan buah secara langsung. (*)