Bantul

Perkuat Persaudaraan, Rm Vikep AR Yudono Adakan Safari Silaturahmi

  • BANTUL, Jogjaaja.com - Guna memperkuat persaudaraan antarumat beragama, Rm AR Yudono Suwondo Pr, Vikep Yogyakarta Barat, memanfaatkan momen Lebaran untuk safari
Bantul
Ties

Ties

Author

BANTUL, Jogjaaja.com - Guna memperkuat persaudaraan antarumat beragama, Rm AR Yudono Suwondo Pr, Vikep Yogyakarta Barat, memanfaatkan momen Lebaran untuk safari silaturahmi ke sejumlah pondok pesantren (ponpes), dan pejabat daerah.

Silaturahmi pertama dilakukan Romo Wondo –demikian Rm Vikep akrab disapa-- ke Ponpes Alqodir Cangkringan Sleman. Dalam silaturahmi Idulfitri 1 Syawal 1444 H, yang juga merupakan kunjungan balasan ini, Romo Wondo ditemani oleh sejumlah organisasi katolik lainnya.

Rombongan tiba di Ponpes Alqodir saat Kyai Ahmad Masrur Mz sedang melaksanakan salat Dzuhur. Oleh karena itu, percakapan atau obrolan baru dimulai pada pukul 12.25. “Demi ketenangan umat, cukuplah Kyai dan Romo ngobrol seperti ini, tidak penting apa yang diomongkan. Yang penting duduk bersama dan akrab,” tutur Kyai Masrur.

Menurut Kyai Masrur, meski bukan sekuler, seharusnya beragama itu dipisahkan dengan  bernegara.

Silaturahmi kemudian berlanjut ke Ponpes Sohibul Huda, Pakem Sleman, pada pukul 13.35. Rombongan Romo Wondo ditemui oleh Kyai Nuri dan seorang stafnya.

Setelah mendengar Rm Vikep menyampaikan maksud kedatangannya, Kyai Nuri menyatakan bahwa silaturahmi ini demi Negara dan Bangsa Indonesia semakin baik dalam banyak hal, utamanya kedamaian. “Untung Yogya punya Sultan yang membuat rukun damai masyarakat,” ucap Kyai Nuri.

Untuk diketahui, Kyai Nuri yang merupakan Sarjana Teknik Sipil UGM itu mengembangkan pertanian unggul, juga peternakan di ponpesnya maupun di beberapa lokasi lain.

“Ponpes siap berkolaborasi dengan Romo dan umat Katolik. Kalau itu terjadi, maka kita tidak usah bicara radikalisme, mereka akan tersingkir sendiri,” kata Kyai Nuri menegaskan.

Safari silaturahmi Romo Vikep AR Yudono Suwondo Pr  berakhir di rumah dinas Bupati Sleman Kustini. Rombongan Romo Wondo disambut Bupati bersama sang suami Sri Purnomo.

 

Dalam kesempatan tersebut, di samping menyampaikan pesan untuk selalu menjaga kebersamaan dan saling toleransi, Bupati Kustini juga mengungkapkan tentang pembangunan Sleman yang berwawasan lingkungan mengingat Sleman menjadi penyangga air dan bahan makanan Provinsi DIY.