News

Pertempuran Odessa akan Sangat Menentukan di Perang Ukraina

  •  KYIV-Dua minggu setelah perang Rusia di Ukraina, pasukan Kyiv kini sedang bersiap untuk kemungkinan serangan pasukan Moskow di kota pelabuhan berseja
News
Ties

Ties

Author

KYIV-Dua minggu setelah perang Rusia di Ukraina, pasukan Kyiv kini sedang bersiap untuk kemungkinan serangan pasukan Moskow di kota pelabuhan bersejarah Odesa di Laut Hitam.

Terletak 300 km  barat semenanjung Krimea yang dikuasai Rusia, kota ini dipandang sebagai aset strategis oleh Ukraina dan Rusia. Kejatuhan daerah ini  akan memiliki dampak yang signifikan. Tidak  hanya untuk kedua negara, tetapi juga untuk wilayah laut Hitam yang lebih luas.

Pasukan Rusia yang bergerak maju ke barat Krimea telah merebut kota pelabuhan Kherson dan tiba di Mykolaiv yang berjarak hanya 120km  timur Odesa. Kapal angkatan laut Rusia telah terlihat dekat dengan perairan teritorial Ukraina, meningkatkan kekhawatiran akan kemungkinan serangan dari laut.

Pada hari Minggu 6 Maret 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan tentara Rusia sedang merencanakan serangan  di kota tersebut. Sebuah langkah yang disebutnya  sebagai "kejahatan sejarah".

Awal pekan lalu dia memecat gubernur sipil provinsi Odesa, Serhiy Hrynevetsky, dan menggantikannya dengan Maksym Marchenko. Seorang kolonel angkatan darat dan mantan pemimpin batalion Aidar yang kontroversial. Pasukan  yang telah bertempur di wilayah Donbas di timur Ukraina sejak 2014.

Militer Ukraina telah menetapkan  pertahanan di seluruh Odesa, memberlakukan jam malam dan memasang penghalang jalan di semua pintu masuk ke kota berpenduduk satu juta orang itu. Pelabuhan telah ditutup untuk pelayaran komersial, sementara evakuasi warga sipil telah dimulai. Demikian dilansir dari laman resmi TrenAsia.com jaringan media Jogjaaja.com.

Odesa memiliki kepentingan militer dan ekonomi strategis bagi Ukraina. Setelah kehilangan pangkalan angkatan lautnya di Sevastopol setelah aneksasi Krimea pada tahun 2014, angkatan laut Ukraina memindahkan markas besarnya di sana.

Sumber;: Aljazeera

Ketiga pelabuhannya juga memainkan peran penting dalam perekonomian negara. Sekitar 70 persen dari semua impor dan ekspor Ukraina melalui  laut  dan Odesa menangani sekitar 65 persen dari itu.

 Alexey Muraviev, profesor keamanan nasional dan studi strategis di Universitas Curtin  kepada Al Jazeera mengatakan  untuk Ukraina Odesa mewakili jalur kehidupan penting ke luar negeri.  Jika Rusia merebut Odesa, itu akan secara efektif memutus Ukraina dari perdagangan luar negeri dan bantuan militer.

Hilangnya kota pelabuhan bisa memiliki konsekuensi yang signifikan bagi Ukraina dan upaya perangnya. Ini sekaligus   memberi Rusia keuntungan strategis. Ukraina tidak memiliki pelabuhan besar lainnya untuk diandalkan jika kehilangan kendali atas kota terbesar ketiganya, yang memungkinkan Rusia untuk secara efektif mendominasi seluruh pantai Laut Hitam utara.

Dalam konteks perang Rusia-Ukraina, menurut Muraviev pertempuran  Odesa akan memainkan salah satu peran kunci dalam menentukan hasil politik masa depan dari konflik saat ini. Bagi Rusia, kendali penuh atas Laut Hitam Ukraina dan pantai Laut Azov mungkin  lebih penting daripada gabungan merebut Kharkiv atau Ukraina barat.

Kota bersejarah

Menguasai Odesa juga akan memiliki makna simbolis tertentu, mengingat status penting yang dimilikinya dalam budaya dan sejarah Rusia.

Didirikan pada tahun 1794 oleh Permaisuri Rusia Catherine the Great, Odesa menjadi pelabuhan penting dan pusat kota cosmopolitan. Wilayah ini tidak hanya menjadi   bagi orang Rusia dan Ukraina, tetapi juga bagi komunitas Armenia, Bulgaria, Yunani, Yahudi, dan lainnya.

Warga Odessa bersiap menghadapi serangan Rusia/Aljazeera

Dengan arsitektur  yang dirancang oleh seniman Italia dan kehidupan budaya yang kaya, kota ini berubah menjadi salah satu simbol prestise dan kekuasaan kekaisaran Rusia.

Pihak berwenang setempat telah menyatakan harapan bahwa sejarah penting kota pelabuhan itu dapat terhindar dari serangan udara yang merusak seperti dialami kota-kota Ukraina lainnya.

Kota ini juga merupakan rumah bagi komunitas etnis Rusia yang cukup besar. Sebuah faktor yang menurut beberapa pengamat Rusia dapat membantu upaya militer untuk merebut kota tersebut.

Pada tahun 2014, ketika pasukan separatis yang didukung oleh Rusia memulai pemberontakan bersenjata di wilayah Donetsk dan Luhansk timur, Odesa juga menyaksikan beberapa kekerasan. Ultranasionalis Ukraina bentrok dengan kelompok pro-Rusia yang menentang protes pro-Barat. Insiden ini berujung pada kematian lebih dari 40 orang.

Dalam pidatonya pada 21 Februari 2022 yang mengakui  kemerdekaan dan kedaulatan Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji untuk menemukan mereka yang bertanggung jawab atas kekerasan di Odesa dan meminta pertanggungjawaban mereka.

Tetapi menurut Anton Barbashin, seorang analis politik dan direktur editorial Riddle Russia peristiwa delapan tahun lalu dan kehadiran etnis Rusia di kota itu tidak mungkin membantu Rusia maju di Odesa.

Pada tahun 2014, Ukraina menghentikan upaya untuk menjadikan Odesa menjadi Republik Rakyat Odessa. Jelas tidak ada banyak sentimen pro-Rusia, terutama saat ini.

Dalam pandangannya kesulitan yang dialami tentara Rusia saat ini dalam maju di beberapa front juga dapat mencerminkan kemampuannya untuk merebut Odesa. Pasukan Rusia telah kewalahan dan memastikan rute pasokan dan bala bantuan bisa menjadi tantangan.

Jika Rusia menguasai Odesa maka dapat memiliki konsekuensi negatif tidak hanya untuk Ukraina, tetapi juga untuk keamanan tetangganya. Analis pertahanan telah menunjukkan bahwa mengendalikan kota akan memungkinkan pasukan Rusia untuk membuka koridor darat ke wilayah Transnistria yang memisahkan diri dan  mencari kemerdekaan dari Moldova sejak tahun 1990-an.

Wilayah itu menampung sekitar 1.500 tentara Rusia yang dikerahkan sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian yang dibentuk menyusul perjanjian gencatan senjata tahun 1992 antara Chisinau dan separatis Transnistria.

Sejauh ini, Rusia belum mengakui Republik Moldavia Pridnestrovia yang memproklamirkan diri, tetapi ada spekulasi bahwa Moskow mungkin berusaha untuk memasukkannya ke dalam "negara serikat" bersama dengan Belarusia, DPR dan LPR, Abkhazia dan Ossetia Selatan.

Sebuah langkah menuju Transnistria kemungkinan akan mengacaukan Moldova yang seperti Ukraina, bukan anggota NATO atau Uni Eropa. Pada  3 Maret 2022, pemerintah Moldova mengajukan permintaan resmi untuk menjadi anggota Uni Eropa  karena khawatir akan meluasnya perang Rusia-Ukraina.

Bulgaria dan Rumania Cemas

Lebih jauh ke selatan Bulgaria dan Rumania juga menyaksikan dengan cemas peristiwa di Ukraina. Menurut Dimitar Bechev, seorang sarjana tamu di Carnegie Europe, kedua negara telah merasa terancam setelah aneksasi Krimea,  penyebaran sistem rudal Moskow dan perluasan armada Laut Hitam di semenanjung itu.

Dia mengatakan potensi jatuhnya Odesa  akan memperkuat  tangan Moskow.  Dalam istilah praktis, ini akan menghilangkan penyangga teritorial antara  Bulgaria dan Rumania serta Rusia.

Dalam pandangannya, ini kemungkinan akan mengakibatkan NATO meningkatkan kehadirannya di Bulgaria dan Rumania. Kehadiran angkatan laut yang meningkat tidak mungkin mengingat batasan yang ditetapkan dalam Konvensi Montreux tahun 1936. Konvensi  yang mengatur penggunaan selat Bosporus dan Dardanelles.

Dokumen  yang ditandatangani oleh Rumania dan Bulgaria tersebut membatasi perjalanan kapal angkatan laut yang bukan milik negara Laut Hitam. (*)