Ilustrasi
Home

PMI Diminta Bantu Percepatan Vaksinasi

  • JOGJA, Jogjaaja.com - Palang Merah Indonesia (PMI) DIJ Diminta untuk bekerjasama dengan TNI/Polri guna membantu program vaksinasi di DIY. Hal ini diungkapkan Wa
Home
Ties

Ties

Author

JOGJA, Jogjaaja.com - Palang Merah Indonesia (PMI) DIJ Diminta untuk bekerjasama dengan TNI/Polri guna membantu program vaksinasi di DIY. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, saat menerima kunjungan dari PMI DIY di Gedhong Pare Anom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (30/07) pagi.

DIY terus berupaya untuk mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi bagi masyarakat. Dengan percepatan program vaksinasi, diharapkan dapat segera membentuk herd immunity untuk menanggulangi Covid-19. Program vaksinasi ini menjadi salah satu fokus utama disamping penegakan protokol kesehatan. Pelaksanaan program ini diharapkan mampu mengurangi kasus postif Covid-19 di DIY.

Sri Paduka selaku Ketua Dewan Kehormatan PMI DIY berharap agar PMI DIY dapat menjalin kerjasama dengan TNI/Polri untuk mendukung program vaksinasi tersebut. PMI DIY diharapkan dapat membantu dalam hal menyediakan tenaga relawan.

Ketua PMI DIY,  GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi, menyatakan bahwa PMI sudah mengajukan pada Dinkes DIY untuk turut mendukung vaksinasi yang akan dilaksanakan oleh pengurus PMI DIY dan nakes di klinik. Ia juga menyebutkan bahwa selama ini relawan PMI telah memberikan bantuan dalam hal memandikan dan memakamkan jenazah. “Warga masyarakat ragu apakah terkena Covid-19 atau tidak. Jadi kita yang membantu, teman-teman relawan PMI di Kabupaten/Kota,” terangnya. GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi menyampaikan akan segera melakukan koordinasi dengan relawan PMI yang tersebar di Kabupaten/Kota.

Hingga saat ini jumlah relawan PMI DIY yang memiliki sertifikat relawan yaitu sebanyak kurang lebih 7.000 relawan. Sementara relawan aktif kurang lebih 260 orang dengan 150 di antaranya bertugas aktif. Dari jumlah tersebut, sebanyak 30 relawan bertugas aktif di Kabupaten/Kota se-DIY. (*)