Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) Bersama PMI Kabupaten/Kota, dan Dinas Sosial Yogyakarta melakukan aksi kepedulian terhadap masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur.
Sleman

PMI DIY Kirim Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Bencana Erupsi Gunung Semeru

  • Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) Bersama PMI Kabupaten/Kota, dan Dinas Sosial Yogyakarta melakukan aksi kepedulian terhadap masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur.
Sleman
Tyo S

Tyo S

Author

SLEMAN, Jogjaaja.com – Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) Bersama PMI Kabupaten/Kota, dan Dinas Sosial Yogyakarta melakukan aksi kepedulian terhadap masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur. Selasa (7/12/2021) pukul 09.00, mereka berangkat dari Markas PMI DIY di Gamping, Sleman untuk mengirimkan bantuan ke lokasi bencana. 

“PMI DIY bersama PMI Kabupaten/Kota dan Dinas Sosial DIY akan mengirimkan sejumlah 14 personel. Mereka akan fokus untuk membantu membersihkan abu vulkanik pada rumah penduduk maupun fasilitas publik lainnya. Adapun peralatan yang akan dibawa adalah lima mobil pikap yang yang dilengkapi dengan alat spraying, mesin pompa diesel, dan bak air,” tutur Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo.

Selain armada pikap, tim juga akan membawa bantuan berupa uang sejumlah 100 juta rupiah, sabun mandi sejumlah 6.480 pcs, masker sebanyak 24.000 pcs, kain pel sejumlah 1.250 lembar, sabun cuci dompet blacu sebanyak 1.500 pcs, serta 50 pcs rompi PMI.

“Dinas Sosial DIY juga akan bersama dengan PMI mengerahkan dua mobil truk. Beberapa yang akan dikirim dari Dinas Sosial adalah air mineral sejumlah 1500 botol (kemasan 1,5 liter) dan paket sembako. Sementara, uang seratus juta rupiah adalah hasil donasi konsumen apotek K24 yang telah terkumpul di PMI DIY,”, jelas Gusti Prabu.

Gusti Prabu mengatakan pengiriman bantuan dan personel ini sekaligus untuk melakukan kaji cepat kebutuhan di lokasi terdampak. Rencananya, hasil pendataan ini akan dijadikan acuan PMI DIY untuk menyusun operasional selanjutnya.

Untuk melengkapi respons yang akan diberikan, PMI DIY sudah berkoordinasi dengan PMI Pusat, PMI Provinsi Jawa Timur, PMI Kabupaten Lumajang, dan PMI Kabupaten/Kota se-DIY. 

Dalam bekerja untuk kemanusiaan, PMI tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan dan peran aktif dari masyarakat. Karena itu, PMI DIY juga membuka donasi untuk bergerak bersama masyarakat meringankan masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru melalui rekening Bank Mandiri Cab Sudirman nomor 137.00074.49594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru,” pungkas Gusti Prabu. (*)