THR Sudah Cair, Pilih Sedekah atau Bayar Utang Dulu? Ini Penjelasannya
Gaya Hidup

Punya Utang Segunung? Nih, Cara Melunasinya

  • Bagaimana jika utang yang dimiliki terlanjur menggunung sedangkan kita sulit untuk melunasinya?
Gaya Hidup
Ties

Ties

Author

JAKARTA - Punya utang bukanlah suatu hal tabu saat ini. Biasanya utang digunakan untuk kepentingan pembiayaan produktif maupun konsumtif.

Namun, bagaimana jika utang yang dimiliki terlanjur menggunung sedangkan kita sulit untuk melunasinya?

Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengikis utang segunung yang terlanjur Anda miliki.

1. Jual Sejumlah Barang

Jika Anda memiliki utang namun masih memiliki sejumlah barang berharga dan bernilai, sebaiknya jual barang tersebut. Hal ini bisa membantu Anda mengumpulkan uang untuk membayar utang.

Namun, disarankan untuk menjual barang yang sudah dipilah dan kira-kira jarang atau bahkan tidak lagi dipakai seperti pakaian, mainan, peralatan rumah tangga, hingga perabotan.

2. Cari Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan tambahan bisa membantu Anda mengumpulkan uang untuk membayar hutang. Namun, untuk melakukan ini, tentu saja Anda harus memerlukan tenaga ekstra.

Sebaiknya, lakukan pekerjaan yang anda kuasai seperti menjadi penulis lepas atau guru les. Berbisnis online juga bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan.

3. Simpan Uang Kembalian

Jangan meremehkan uang receh, Anda bisa mengumpulkan uang receh melalui kaleng bekas. Bisa sudah berkumpul anda bisa lakukan untuk membayar utang.

Menyimpan uang kembalian merupakan tips melunasi utang dengan cara lain. Meski demikian cara ini diperlukan konsistensi.

 

4. Kurangi Pengeluaran

Anda bisa mengubah skema budget pengeluaran membantu anda keluar dari masalah utang. Namun, ini membutuhkan konsistensi yang kuat.

Sebagai contoh, Anda menghabiskan 70% penghasilan untuk konsumsi, ini bisa diturunkan menjadi 50%. Sedangkan 20% alokasi lainnya digunakan untuk melunasi utang.

Anda juga bisa menghemat pengeluaran dengan cara bersepeda untuk pergi ke kantor, memasak dan membawa bekal makan sendiri, atau berhenti langganan Netflix dan Spotify.

5. Cairkan Aset

Mencairkan dana aset bisa dilakukan dengan memanfaatkan harta tak terpakai di rumah Anda. Tak perlu dijual, Anda bisa menyewakan barang di rumah Anda untuk memutar uang.

Ini bisa Anda lakukan dengan barang elektronik bekas yang sudah tak terpakai, menyewakan motor atau mobil, hingga menyewakan ruangan atau kamar kosong yang tak terpakai di rumah.

6. Minta Bantuan Profesional

Anda dapat memanfaatkan jasa perusahaan dan jasa manajemen utang. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari layanan semacam ini adalah  membantu untuk bernegosiasi dengan kreditur demi mendapatkan pengurangan bunga hingga denda utang.

Sekadar informasi, dalam beberapa kasus tertentu, program semacam ini bahkan mampu membantu mengurangi keseluruhan pembayaran. Termasuk juga membekukan biaya bunga atau penalti yang ada.

Selain itu, program ini juga bisa membantu mengatur utang yang memungkinkan anda membayar cicilan utang sesuai kemampuan.

7. Mediasi Penyelesaian Utang

Saat gagal melakukan beberapa langkah, tips satu ini bisa menjadi solusi terakhir. Tentunya dengan mengajak pihak ketiga untuk memediasi penyelesaian utang.

Sebagai contoh, bila anda memiliki utang di Bank, Anda bisa mengajak Bank Indonesia untuk melakukan mediasi agar dapat melakukan penyelesaian utang.

Biasanya, keputusan yang diambil oleh pihak ketiga nantinya bersifat win-win solution sehingga bisa jadi cara terbaik yang wajib Anda terapkan.