Kulon Progo

Relawan Semut Ireng Dukung Prabowo Gibran

  • Kulonprogo, Jogjaaja.com  - Warga Kulonprogo antusias menyaksikan Festival Kesenian yang diisi dengan pentas Jathilan dan beragam tari tradisional Jawa dar
Kulon Progo
Ties

Ties

Author


Kulonprogo, Jogjaaja.com  - Warga Kulonprogo antusias menyaksikan Festival Kesenian yang diisi dengan pentas Jathilan dan beragam tari tradisional Jawa dari 12 Kapanewon atau Kecamatan, di Lapangan Pendem, Sidomulyo, Kecamatan Pengasih.

Festival Kesenian ini diselenggarakan oleh relawan Prabowo Gibran: Rejo Semut Ireng, untuk menghibur warga Kulon Progo, sekaligus sebagai upaya melestarikan Seni Jawa sebagai salah satu warisan kebudayaan yang patut dibanggakan bagi warga Yogyakarta.

Festival Kesenian ini dimulai Minggu (28/1) dari pukul 09.00 WIB dan berlangsung selama satu hari penuh. Kegioatan diikuti oleh semua Kapanewon diantaranya Temon, Wates, Panjatan, Nanggulan, Kalibawang, Samigaluh, Galur, Lendah, Sentolo, Pengasih, Kokap dan Girimulyo.

“Kami, Rejo Semut Ireng, ingin memberikan bentuk dukungan yang lain daripada yang lain kepada Pak Prabowo dan Mas Gibran. Nah, Festival Kesenian khususnya Jathilan ini, mengandung nilai budaya dan sejarah yang patut kita lestarikan, yang sekarang sudah makin jarang ditemui. Jadi ini cukup ampuh ya, untuk menghibur warga, sekaligus untuk tempat berkumpul dan sosialisasi mengenai visi misi Prabowo - Gibran”, tutur Endhi Susanto, Koordinator Rejo Semut Ireng tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Digelar di hari Minggu, Festival Kesenian ini berhasil menarik perhatian warga, baik warga Kulon Progo, maupun wisatawan yang sedang melintas ataupun mengunjungi Kulon Progo. Warga yang menonton pun mengaku, sangat terhibur, karena Festival Kesenian Jathilan ini, biasanya hanya digelar di perayaan tertentu, atau di panggung kesenian.

“Kebetulan ini pas libur, tahu dari tetangga ada Jathilan, langsung ke sini. Seneng lihatnya, karena kalo Jathilan nggak bisa kita tonton setiap har ikan”, ucap Galih, warga Kulon Progo yang menikmati Festival Kesenian.

Sebagai informasi  Rejo Semut Ireng adalah organisasi relawan yang memiliki anggota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kelompok relawan ini telah mendeklarasikan dukungannya kepada Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

 Festival Keseninan menjadi bagian dari rangkaian acara seni dan budaya yang digelar oleh Rejo Semut Ireng di seluruh wilayah DI Yogyakarta, sebagai bentuk sosialiasi untuk pemenangan Prabowo – Gibran.


Endhi menjelaskan festival Kesenian Prabowo - Gibran mampu menyedot antusiasme warga. Karenanya, tidak menutup kemungkinan acara serupa akan digelar secara berkelanjutan. "Pementasan grup kesenian ini juga kami lombakan. Nantinya diambil tiga penampilan terbaik untuk mendapatkan hadiah," imbuh Endhi.

Dalam kesempatan tersebut, puluhan UMKM memadati lokasi penyelenggaraan Festival Kesenian. Endhi berpendapat, acara ini dapat membantu pergerakan ekonomi di daerah Sidomulyo.

Salah satu UMKM di Lapangan Pendem, Mela (36) mengatakan, Festival Kesenian Prabowo - Gibran memberikan kesempatan baginya untuk berjualan. Karenanya, pihaknya mendukung penyelenggaraan acara serupa karena bisa menggerakkan perekonomian warga