Salah satu komunitas yang menjadi peserta 'Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia' di Yogyakarta.
News

Ribuan Peserta Ikuti ‘Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia’ di Yogyakarta

  • Dalam rangka memperingati World Bicycle Day dan World Environment Day 2022, komunitas Bike to Work menggelar event sepeda bertajuk ‘Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia’. Event ini digelar serentak di kota-kota di Indonesia.
News
Tyo S

Tyo S

Author

YOGYAKARTA, Jogjaaja.com – Dalam rangka memperingati World Bicycle Day dan World Environment Day 2022, Kementerian Lingkungan Hidup bersama komunitas Bike to Work menggelar event sepeda bertajuk ‘Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia’. Event ini digelar serentak di kota-kota di Indonesia.

‘Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia’ juga diselenggarakan di Kota Yogyakarta, Minggu (5/6/2022). Tanpa diduga, jumlah peserta event ini membludak. Ribuan peserta yang berasal dari berbagai komunitas ambil bagian dalam event yang mengambil start di Museum Perjuangan, Jalan Kolonel Sugiono, Yogyakarta tersebut. 

Bahkan peserta ‘Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia’ tidak hanya berasal dari Kota Yogyakarta. Banyak juga peserta yang datang dari wilayah di luar Kota Yogyakarta, seperti Bantul, Sleman, hingga Kulon Progo.

Salah satunya adalah Widodo, peserta ‘Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia’ yang berasal dari Imogiri, Bantul. Meski sudah berusia 65 tahun, Widodo bersama rekan-rekan komunitasnya yang bernama Sorsa rela menempuh perjalanan hampir 15 kilometer menuju titik start lebih dulu demi mengikuti event ini.

“Saya memang senang bersepeda agar badan selalu bugar. Nah, begitu mendengar ada kegiatan ini, saya mengajak beberapa teman untuk ikut serta. Di sini kami bisa bertemu dan bersepeda Bersama komunitas-komunitas sepeda lainnya,” ujar pria yang akrab disapa Kambek ini.

Sementara itu, Ketua Komunitas Pitnik Jogja Andika Sukmono Aji mengatakan event ini sebenarnya digagas oleh komunitas Bike to Work dan komunitas sepeda lipat (seli). Pada event kali ini dirinya tidak terlibat sebagai panitia. Kendati demikian, Aji mengaku kaget dengan antusiasme peserta.

“Terus terang saya kaget dengan antusiasme peserta pada event kali ini. Saya tetap berkomunikasi dengan teman-teman panitia, awalnya memang kegiatan ini hanya untuk beberapa komunitas saja. Ternyata pada hari H, banyak banget yang ikut,” ungkap Aji. 

Sebelumnya, Noer Cholik selaku Koordinator Bike to Work Korwil Jogja mengajak para pecinta gowes untuk mengikuti ‘Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia’. Menurut Cholik, aksi ini merupakan wujud kepedulian para pecinta sepeda terhadap lingkungan.

“Dunia tidak sedang baik-baik saja. Krisis lingkungan nyata ada di depan mata. Saatnya bergerak bersama dengan melalui bersepeda untuk mengurangi polusi udara,” ajak Cholik. 

‘Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia’ ini dimulai pukul 06.00 WIB dari Museum Perjuangan. Para peserta diajak untuk mengelilingi Kota Yogyakarta dengan rute Museum Perjuangan-Jokteng Wetan-Jokteng Lor Wetan-Titik Nol Kilometer-Perempatan Wirobrajan-Pertigaan Jatikencana-Tugu Jogja-Perempatan Jetis-Manna Kampus UGM-Pertigaan Colombo-UIN-Perempatan Timoho-Balaikota-Jalan Glagah Sari-XT Square-Jalan Menteri Supeno-finish di Museum Perjuangan. (*)