Jogja

Riset Pariwisata Halal Raih Penghargaan

  • YOGYA, Jogjaaja.com  - Awal Agustus 2023, Dr. Zunan Setiawan SE, MM meraih penghargaan The Best Paper yang diberikan dalam Rakernas AFEB PTMA dan 1st Inter
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com  - Awal Agustus 2023, Dr. Zunan Setiawan SE, MM meraih penghargaan The Best Paper yang diberikan dalam Rakernas AFEB PTMA dan 1st International Conference on Economics and Business di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penelitiannya yang berjudul "Analysis of tourism perceptions of halal products or services on the reputation of high-end halal tourism destinations on travel intentions in Indonesia: using PLS-SEM approach"
.
“Penelitian yang saya lakukan sangat menarik dan berkontribusi penting dalam memahami persepsi wisatawan terhadap produk atau layanan halal dan dampaknya pada niat untuk melakukan perjalanan wisata ke destinasi halal yang berkualitas tinggi di Indonesia”, jelas Zunan (Dosen Prodi MM FEB UAD) yang juga anggota ISEI Cabang Yogyakarta.

Menurut Zunan, konferensi tersebut menjadi momen yang penting bagi akademisi, peneliti, dan praktisi di bidang ekonomi dan bisnis untuk berbagi pengetahuan dan hasil penelitian terbaru. Disamping itu, dapat mendorong kolaborasi dalam memajukan ilmu pengetahuan di bidang tersebut. Partisipasi Zunan Setiawan  dalam konferensi dengan presentasi paper terbaiknya telah  memperkuat peran Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ahmad Dahlan ( MM FEB UAD) dalam Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (AFEB PTMA). Forum tersebut  sebagai berbagi pengetahuan dan kolaborasi antara anggotanya dalam bidang ekonomi dan bisnis.

Riset Zunan menggunakan pendekatan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dapat digunakan peneliti lain dalam mengaplikasikan teknik analisis untuk memahami hubungan kompleks antara variabel dalam konteks pariwisata. “Penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan jumlah wisatawan halal yang berkunjung ke Indonesia dengan meningkatkan pemahaman tentang preferensi dan niat perjalanan mereka”, jelas Zunan. Selanjutnya hasil riset ini berpotensi mendukung perkembangan industri pariwisata halal yang lebih berkelanjutan dan berdaya saing.

 

“Penghargaan ini diharapkan menjadi pendorong peneliti lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam memajukan ilmu pengetahuan dan industri pariwisata di Indonesia”, harap Dr. Y. Sri Susilo (Sekretaris ISEI Cabang Yogyakarta). Selanjutnya Susilo juga berharap pengurus dan anggota ISEI Cabang Yogyakarta memperoleh prestasi yang dicapai Zunan Setiawan. serta memberikan manfaat bagi masyarakat lebih luas. (*)