Ilustrasi mengelola keuangan.
Ekonomi, Fintech & UMKM

Sambut Tahun 2023, Berikut Tips Mengelola Keuangan Bagi Gen Z

  • Sampai saat ini, masih banyak dari kita yang berpikir bahwa pengelolaan keuangan harus berasal dari orang yang memiliki pendapatan besar. Padahal pengelolaan keuangan adalah hal yang harus kita sadari sejak diri loh, tidak terkecuali bagi Gen Z.
Ekonomi, Fintech & UMKM
Tyo S

Tyo S

Author

JAKARTA, Jogjaaja.com - Sampai saat ini, masih banyak dari kita yang berpikir bahwa pengelolaan keuangan harus berasal dari orang yang memiliki pendapatan besar. Padahal pengelolaan keuangan adalah hal yang harus kita sadari sejak diri loh, tidak terkecuali bagi Gen Z. 

Generasi Z, yang lahir dari tahun 1996 hingga 2012, sudah menjadi sosok yang memasuki usia produktif di tahun baru ini. Kita yang masuk dalam generasi ini sudah menghadapi berbagai tantangan baik pandemi COVID-19 hingga resesi global yang masih menghantui. 

Walaupun demikian untuk menjadi Financially Fit di usia muda bukannya tidak mungkin. Hal yang dibutuhkan adalah kebiasaan untuk mulai berdisiplin dalam mengelola keuangan. 

Berikut adalah langkah awal yang dapat kita lakukan!

1. Pisahkan Alokasi Menabung di Hari Pertama Mendapatkan Pendapatan

Sebagai generasi Z, kita juga harus mulai mencoba membuat anggaran keuangan bulanan. Anggaran ini berisikan apa saja rencana pengeluaran per bulan kita yang sudah pasti akan keluar. Selain itu, kita juga bisa menuliskan pengeluaran yang akan digunakan untuk memenuhi keinginanmu.  Namun, kita pun harus membiasakan diri untuk menabung di hari pertama kita mendapatkan pendapatan. Kebiasaan ini bisa dimulai dengan menabung 20% dari pendapatan per bulan.

2. Jangan FOMO Pada Investasi Return Besar 

Sebagai generasi yang sudah melek dengan teknologi, tidak jarang beberapa dari kita sudah memiliki investasi, baik itu saham maupun bitcoin. Namun, banyak sekali dari mereka yang sudah berinvestasi tetapi belum memiliki pengaturan keuangan yang tepat.

Terkadang kita lebih tergiur dengan return yang besar tanpa memperhatikan risiko dari investasi yang kita miliki. Maka dari itu, ada baiknya Gen Z mulai memahami tentang profile risk, agar dapat secara tepat memilih instrumen yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Memiliki Savings Account 

Sebagai generasi Z, kegiatan menabung di rekening bisa dianggap sebuah kegiatan yang tidak kekinian. Padahal memiliki tabungan di rekening atau tempat lainnya yang cepat dicairkan merupakan hal penting. 

Menabung di rekening sebenarnya memberikan sebuah rasa aman. Misalnya ketika kita membutuhkan uang tunai secara cepat, kita tidak akan kebingungan mencari pinjaman atau bahkan harus mencairkan investasi kita. Usahakan kamu memiliki tabungan di rekening dengan minimal tabungan kamu adalah sebesar 6 kali dari pengeluaran bulanan.

Generasi Z ayo mulai untuk memulai financially fit journey dengan ke www.ruangmenyala.com, dengan ke ruangmenyala.com kamu dapat melakukan financial check up secara mandiri.  Jadikan Financially Fit menjadi bagian lifestyle kekinian untuk dapat meng-unlock mimpi masa depan kamu.