News

Sang Siluman Raptor Itu Telah Merapat di Polandia, ini Maksudnya

  • Ketika Rusia mengancam tindakan lebih keras terhadap Amerika jika terus mempersenjatai Ukraina, enam pesawat tempur siluman F-22 Raptor Angkatan Udara AS telah tiba di Inggris dalam perjalanan mereka ke Polandia.
News
Ties

Ties

Author

WARSAWA-Ketika Rusia mengancam  tindakan lebih keras terhadap Amerika jika terus mempersenjatai Ukraina, enam pesawat tempur siluman F-22 Raptor Angkatan Udara AS telah tiba di Inggris dalam perjalanan mereka ke Polandia. 

Pengerahan ini belum pernah terjadi sebelumnya untuk pesawat tempur superioritas udara paling mampu milik Amerika tersebut. 

F-22 memang telah mengunjungi Polandia sebelumnya, tetapi hanya dua dari mereka yang lebih merupakan misi niat baik dan kepastian daripada penyebaran.

Jet tempur generasi kelima ini  tiba di Pangkalan  Lakenheath di Inggris pada  Selasa 27 Juli 2022, dalam perjalanan ke  Polandia. Setelah dikerahkan, unit tersebut akan disebut sebagai Skuadron Ekspedisi Tempur ke-90 dan akan mendukung misi Perisai Udara NATO.

Misi Perisai Udara NATO menyatukan unit pertahanan udara dan rudal berbasis udara dan permukaan di bawah komando dan kendali NATO. Misi itu  akan memberikan perisai  dari Baltik hingga Laut Hitam.

Ini adalah bagian dari upaya yang meningkat oleh Amerika dan mitra NATO untuk meningkatkan kehadiran udara di wilayah tersebut. Sesuatu  yang sebenarnya telah mulai meningkat  sebelum Rusia menginvasi Ukraina.

Sejak itu 120 jet telah ditempatkan dalam siaga tinggi. Ada  peningkatan 50% dari jet tempur yang berpatroli di langit sayap timur NATO.

Polandia juga telah menjadi tempat penumpukan senjata asing dan perlengkapan militer lainnya menuju ke Ukraina. Negara ini juga  menyediakan berbagai senjata seperti tank dan howitzer untuk tetangganya guna melawan Rusia. 

Pemerintah Polandia juga bekerja untuk memperkuat pertahanannya sendiri dengan  membeli tank tempur utama Abrams Amerika. Baru-baru ini Warsawa juga mengakuisisi  tank, howitzer, dan pesawat dari Korea Selatan.

Sebagai akibat dari masuknya senjata ke Ukraina,  kepala delegasi kontrol senjata Rusia di Wina Konstantin Gavrilov mengancam  tindakan lebih keras  terhadap barat.

Polandia terletak secara strategis, berbagi perbatasan panjang dengan Belarusia dan Ukraina. Wilayah udaranya sekarang dipertahankan oleh F-16 dan MiG-29 milik mereka, dibantu oleh pesawat tempur Amerika  termasuk F-35A yang terbang dari Spangdahlem di Jerman.  Pesawat komando dan kontrol E-3  serta tanker KC-135 juga mendukung operasi ini.

NATO mengatakan telah  sangat memperkuat sayap timurnya sejak awal tahun 2022.  Pada bulan Februari, jet tempur F-15C dan F-15D Eagle Amerika  di Lask untuk mengambil bagian dalam misi pengawasan udara Baltic. Pesawat-pesawat itu sekarang hilang, tetapi aliran jet tempur Amerika yang mengambil misi belum berhenti.

Angkatan Udara Amerika menyebut  F-22 yang menuju ke Polandia membawa kemampuan untuk memberikan daya mematikan dan kemampuan bertahan terhadap setiap ancaman kelas atas. USAF menyebut Raptor mampu melakukan misi udara-ke-udara dan udara-ke-darat yang memungkinkan realisasi penuh konsep operasional  Angkatan Udara abad ke-21. 

Kedatangan F-22 terjadi di tengah rencana USAF mempensiun jet tempur siluman pertama di dunia itu. Namun rencana itu bisa jadi kacau. Baik Komite Angkatan Bersenjata Kongres  dan Senat menolaknya. Bahkan mereka mendorong untuk meningkatkan 33 F-22 model lama yang rencananya ingin disingkirkan.

 

Di luar 33 unit itu, hanya ada sekitar 125 Raptor berkode tempur.  Raptor juga menghadapi masalah tingkat kesiapan yang rendahnya karena mahalnya perawatan.