Ekonomi, Fintech & UMKM

Sanggabiz Latih Mahasiswa UMY Pakai 'POS' Kasir Pintar

  • YOGYA, Jogjaja.com - BANTUL - Kehadiran financial technologi (fintech) memberi dampak positif bagi pengelolaan bisnis di Indonesia. Dengan menawarkan kemudahan
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaja.com - BANTUL - Kehadiran financial technologi (fintech) memberi dampak positif bagi pengelolaan bisnis di Indonesia. Dengan menawarkan kemudahan dalam genggeman melalui gdget, pengusaha UMKM bisa mendapat keuntungan untuk mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki.

Karena itu, 400 mahasiswa pogram pendidikan managemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendapat pelatihan mengelola bisnis (point of sales/POS) digital melalui aplikasi Kasir Pintar. Mahasiswa juga mendapat pemahaman tentang peran financial teknologi (financial teknologi) bagi UMKM secara luas.

"Fintech atau financial technology merupakan pengelolaan finansial atau keuangan dengan menggunakan kemajuan teknologi untuk mempermudah transaksi. Misal, dahulu seseorang harus pergi ke bank untuk mengambil uang. Namun sejak adanya mobile banking, transaksi ataupun transfer keuangan dapat dilakukan secara cepat dan dimana saja, tanpa harus mendatangi bank langsung, " kata CEO dan CO Founder Sanggabiz Dwi Andi Rohmatika saat menjadi pembicara secara online saat workshop Aplikasi Keuangan Point Of Sales, Jumat (27/10) di Ruang Amphi Teater FE UMY.

Menurut Dwi Andi Rohmatika fintech sendiri terdiri dari pembayaran (payment), kredit, insurtech sampai POS itu sendiri. Sedangkan fintech bagi UMKM berguna untuk pembiayaan kredit, efisiensi dan investasi. Karena itu, pengusaha UMKM hendaknya menyadari pentingnya kehadiran fintech saat ini. Fintech juga membantu proses transparansi dalam bisnis, efisiensi atau menekan biaya hingga menjadi sumber alternatif pembiayaan selain perbankan.

"Pengusaha UMKM mulai sadarlah betapa pentingnya fintech ini. Saat ini hendaknya sadarlah, apa yang saya butuhkan dan melakukan riset. Dengan menjadi UMKM yang melek fintech semua kebutuhan pengelolaan bisnis bisa dilakukan dengan fintech atau aplisaksi ini. Seperti yang disediakan Kasir Pintar saat pengelolaan POS," ungkap Dwi Andi Rohmatika yang saat ini sedang menyelesaikan program MBA di Cambridge Judge Business School ini.

Dia menjelaskan Kasir Pintar adalah sebuah aplikasi berbasis mobile dengan sistem operasi Android yang dirancang khusus untuk membantu para pengusaha dalam menjalankan transaksi penjualannya. Fitur dasar Kasir Pintar adalah Manajemen/Database, Transaksi, Laporan, dan masih banyak lagi fitur di dalamnya yang pastinya bermanfaat untuk kemajuan usaha. Aplikasi kasir pintar pada awalnya dibuat dengan tujuan untuk memudahkan proses pengelolaan bisnis, khususnya pada UMKM. Tidak heran jika di zaman sekarang UMKM pun sudah lekat dengan penggunaan sistem POS (point of sale) tersebut.

"Sistem POS membantu bisnis menjadi lebih berkembang dengan meningkatkan efisiensinya. Karena pada bisnis di era modern, efisiensi waktu merupakan salah satu hal penting. Bahkan aspek ini mutlak dapat membantu meningkatkan perkembangan bisnis secara signifikan. Pengusaha bertahan di tengah persaingan ketat sekarang dengan adanya efisiensi bisnis ini," tandasnya.

 

CEO dan CO Founder Sanggabiz Dwi Andi Rohmatika saat menjadi pembicara secara online saat workshop Aplikasi Keuangan Point Of Sales, Jumat (27/10) di Ruang Amphi Teater FE UMY.

Sementara itu Mahasiswa FE UMY Regina mengatakan sangat terbantu dengan pelatihan ini karena bisa mendapat pehamanan tentang finntech dan mengelola bisnis secara digital. Dia juga bisa mengatur keuangan yang selama ini hanya dipelajari di dalam kelas. "Ke depan, mahasiswa lain juga bisa mendapatkan informasi dengan jelas mengenai fintech. Mengelola bisnis saat ini bisa mudah dilakukan yang dibantu adanya fintech," tandasnya.

Sebagaimana diketahui keunggulan lain sistem POS ini adalah kecepatan untuk penginputan transaksi seiring semakin banyaknya transaksi yang dilakukan dan hal tersebut bisa didapatkan  ketika menggunakan aplikasi point of sale. 

Sistem POS memungkinkan user untuk melakukan berbagai tugas secara otomatis, sehingga proses input transaksi juga akan berjalan lebih cepat dan mudah serta menciptakan efisiensi. Kasir pintar juga akan membantu dalam menghadirkan berbagai metode pembayaran. (*)