<p>ilustrasi</p>
News

Satelit Rusia Buntuti Satelit Mata-Mata AS, Apa Maksudnya?

  • Rusia baru saja  meluncurkan satelit 14F150 Nivelir ke orbit di bawah misi yang dijuluki Kosmos-2558. Dan  jalur orbitnya saat ini dapat segera menempatkannya di dekat satelit mata-mata Amerika yang ditunjuk USA-326.
News
Ties

Ties

Author

JAKARTA-Rusia baru saja  meluncurkan satelit 14F150 Nivelir ke orbit di bawah misi yang dijuluki Kosmos-2558. Dan  jalur orbitnya saat ini dapat segera menempatkannya di dekat  satelit mata-mata Amerika yang ditunjuk USA-326. 

Desas-desus yang belum dikonfirmasi bahwa aset Rusia akan berfungsi sebagai satelit 'inspektur' . Tugasnya untuk secara diam-diam memata-matai pesawat ruang angkasa terdekat telah mulai beredar online setelah peluncuran. Misi ini juga akan sejalan dengan kemampuan dan pengembangan senjata anti-satelit di orbit Rusia yang dikenal.

Kosmos-2558 diluncurkan pada 1 Agustus 2022   dari Plesetsk Cosmodrome di Rusia. Kosmos-2558,  menurut Kementerian Pertahanan Rusia  adalah satelit militer  dan  dikerahkan ke dalam Sun-Synchronous Orbit (SSO). Ini berarti  satelit akan melakukan perjalanan di atas wilayah kutub dunia sehingga jalur orbitnya  sinkron dengan Matahari. Tujuan tepatnya tidak diketahui saat ini, tetapi telah digambarkan sebagai satelit "inspektur". Istilah  yang sering dikaitkan dengan apa yang disebut sebagai "satelit pembunuh."

Meskipun misi Kosmos-2558 belum diungkapkan secara khusus, penting untuk dicatat bahwa satelit USA-326 saat ini juga dikerahkan ke SSO.  Jonathan McDowell, astronom di Center for Astrophysics  mencatat  jalur orbit Kosmos-2558 saat ini akan segera menempatkannya dalam jarak 80 km dari  USA 326.  

 

Analis independen  juga menggunakan Pemberitahuan untuk Misi Udara yang disediakan  Badan Penerbangan Federal Amerika untuk membandingkan jendela peluncuran Kosmos-2558 dengan  USA 326. Upaya ini  dengan cepat menunjukkan bahwa satelit Amerika akan melewati Plesetsk sekitar waktu yang sama  pada 1 Agustus. 

Seperti yang diperkirakan  Kosmos-2558 diluncurkan pada waktu yang tepat ketika USA 326 melewati wilayah tersebut. Dan  sejak itu menetap di ketinggian orbit yang memungkinkannya untuk bermanuver lebih dekat ke satelit Amerika dalam beberapa hari mendatang.

Mengapa Rusia ingin menggunakan Kosmos-2558 untuk memata-matai USA-326 dapat dijelaskan oleh misi satelit Amerika itu sendiri. USA-326 diluncurkan pada  Februari 2022 dengan roket SpaceX Falcon 9. 

Misinya  disebut NROL-87  yang dipimpin oleh National Reconnaissance Office (NRO). Siaran pers  NRO setelah peluncuran menyebut NROL-87 dirancang, dibangun, dan  dioperasikan  untuk mendukung  misi pengintaian overhead. Misi ini  sebagian besar berpusat pada upaya melindungi keamanan nasional melalui eksploitasi intelijen, pengawasan, dan pengintaian  berbasis ruang angkasa.

Analis independen Dr. Marco Langbroek di Delft University of Technology  Belanda sebagaimana dikutip War Zone  telah berspekulasi tentang jenis satelit yang mungkin dimiliki USA-326. Dalam salah satu posting blognya dosen kesadaran situasi ruang optik  ini menulis bahwa pesawat ruang angkasa itu mungkin merupakan generasi terbaru dari satelit mata-mata Amerika. 

Ada indikasi  USA-326  merupakan bagian dari program lanjutan dari satelit mata-mata NRO KH-11. Rusia mengerahkan satelit inspektur bernama Kosmos- 2542 untuk diamati KH-11 ini pada tahun 2020. 

Ini bukan pertama kalinya Rusia mengerahkan satelit inspektur untuk memantau platform ruang angkasa Amerika. Pada tahun 2018 Rusia mengumumkan empat objek akan diluncurkan ke luar angkasa. Namun  Pusat Operasi Gabungan Luar Angkasa Amerika  menunjukkan  ada lima objek yang  menembus atmosfer. Para pejabat kemudian  curiga bahwa objek kelima adalah satelit inspektur.

Pada 2019, sebuah satelit kecil Rusia bermanuver dengan mengancam  satelit keamanan nasional Amerika. Satelit Rusia  melepaskan proyektil dalam uji coba senjata anti-satelit di orbit yang kemudian dikatakan Amerika merupakan contoh Rusia mengirim pesan. Selain itu, enam bulan setelah Kosmos-2542 diamati  membayangi satelit mata-mata KH-11, Space Force Amerika mengkonfirmasi  pemerintah Rusia telah menembakkan proyektil di orbit selama dua tes senjata anti-satelit.

Kosmos-2543, yang juga digambarkan Rusia sebagai "inspektur peralatan ruang angkasa", dilaporkan sebagai pesawat ruang angkasa yang menembakkan proyektil. Ukurannya  yang kecil dan kemampuan manuver  tinggi memungkinkannya   mampu mendekati target yang diinginkan.

Manuver serupa kini juga terjadi  dengan Kosmos-2558 saat bergerak lebih dekat ke USA-326. Data awal menyatakan  di jalur orbitnya saat ini Kosmos-2558 akan lewat dalam jarak 80 km dari  USA-326  pada hari Kamis 4 Agustus 2022.

Kosmos-2558 diperkirakan tidak akan bermanuver dalam jarak 50 km dari USA 326. Hal ini  karena misi pengamatan dapat diselesaikan dari luar jarak itu.