Ilustrasi Sajian Restoran di Dalam Daftar Michelin Guide.
Budaya

Segera Hadir di Malaysia, Michelin Guide Siap Anugerahkan Michelin Star

  • MICHELIN Guide secara resmi mengumumkan akan hadir di Malaysia dan akan memberikan penilaian untuk retsoran-restoran di dua kota yang merupakan pusat kuliner Malaysia yaitu Kuala Lumpur and Penang. Peluncuran daftar restoran dan hotel yang terpilih untuk masuk ke dalam daftar Michelin Guide dan/atau akan mendapatkan anugerah Michelin Star akan diumumkan pada Desember 2022.
Budaya
Tyo S

Tyo S

Author

KUALA LUMPUR, Jogjaaja.com - MICHELIN Guide secara resmi mengumumkan akan hadir di Malaysia dan akan memberikan penilaian untuk retsoran-restoran di dua kota yang merupakan pusat kuliner Malaysia yaitu Kuala Lumpur and Penang. Peluncuran daftar restoran dan hotel yang terpilih untuk masuk ke dalam daftar Michelin Guide dan/atau akan mendapatkan anugerah Michelin Star akan diumumkan pada Desember 2022. 

MICHELIN Guide diciptakan oleh perusahaan ban Michelin pertama kali pada tahun 1900. MICHELIN Guide memberikan penghargaan kepada talenta kuliner terbaik serta pengalaman gastronomi terkini di setiap kota atau negara yang dipilih. Pemilihan dilakukan berdasarkan penilian dan seleksi secara independen oleh inspektur-inspektur dengan pengalaman puluhan tahun di dunia kuliner. 

Gwendal Poullennec, Direktur Internasional MICHELIN Guide mengatakan budaya kuliner Malaysia dikenal dengan pilihan rasa yang berani karena lahir dari latar belakang dan warisan multi-etnis yang merupakan bagian penting dari identitas nasional Malaysia. Budaya kuliner Malaysia dinilai memiliki keunggulan yang akan memikat selera para pecinta kuliner, bahkan yang paling pemilih sekalipun, baik lokal maupun dari luar negeri. 

“Kami merasa sangat gembira dan bersemangat menyambut Kuala Lumpur dan Penang ke dalam daftar pilihan MICHELIN Guide. Ini akan menandai babak baru dalam kekhasan gastronomi Asia karena menyorot keunikan tradisi-tradisi kuliner dan masakan Malaysia, serta banyaknya talenta-talenta kuliner lokal yang luar biasa,” ujar Gwendal. 

Ia mengatakan MICHELIN Guide saat ini sudah mengirimkan inspektur-inspektur atau tim penilai ke Malaysia untuk memilih restoran, memberikan penilaian, serta memilih bakat kuliner terbaik yang ada di Kuala Lumpur dan Penang. Inspektur atau penilai kuliner MICHELIN Guide bekerja dengan tingkat kerahasiaan dan independensi yang sangat tinggi. 

Gwendal mengatakan MICHELIN Guide didedikasikan untuk mendorong budaya travel dan mendorong traveler untuk menikmati pengalaman-pengalaman menarik yang tak terlupakan. Namun, pengalaman itu harus dapat dinikmati oleh beragam traveler dengan kemampuan budget yang berbeda. Komitmen untuk menciptakan pengalaman serta independensi dan kriteria seleksi yang ketat menjadikan MICHELIN Guide pemimpin di bidang panduan restoran. 

Inspektur-inspektur MICHELIN Guide juga menargetkan untuk menemukan pengalaman gastronomi yang luar biasa. “Menurut inspektur MICHELIN Guide, Kuala Lumpur dan Penang adalah dua kota yang memiliki kompleksitas kuliner yang sangat berbeda namun dinamis dan benar-benar mencerminkan keunikan budaya multietnis Malaysia. Keduanya memiliki karakter yang unik yang disukai pecinta kuliner lokal maupun asing,” ujar Gwendal. 

Kuala Lumpur sebagai pusat bisnis dan ekonomi memiliki banyak pilihan lokasi menarik, restoran-restoran independen, serta tujuan gastronomi baru. Sedangkan Penang dengan pengaruh Peranakan yang sangat kuat merupakan pusat gastronomi untuk restoran-restoran berskala kecil dan street food yang menjadi kekhasan budaya streetside dining di Malaysia. 

Kriteria Seleksi MICHELIN Guide

 Dalam menentukan pilihan restoran, MICHELIN Guide akan menyoroti keragaman gastronomi dan merekomendasikan pilihan restoran terbaik dengan cara memberikan penilaian independent. Standar kriteria yang digunakan konsisten di seluruh dunia yaitu mencakup:

●     Kualitas dari bahan-bahan yang digunakan;

●     Keahlian memasak;

●     Harmoni rasa;

●     Kepribadian chef yang muncul melalui karya masakan; dan

●     Konsistensi kualitas dan penyajian pada waktu-waktu yang berbeda serta di setiap menu yang disajikan. 

Untuk restoran-restoran terbaik, MICHELIN Guide akan memberikan penghargaan MICHELIN Star yang telah dikenal secara global. Satu MICHELIN Star diberikan untuk restoran dengan kualitas memasak sangat baik sehingga layak dikunjungi. Restoran yang mendapatkan dua MICHELIN Star dianggap memiliki keunggulan kuliner di atas rata-rata sehingga layak dikunjungi berkali-kali. 

Penghargaan tertinggi adalah tiga MICHELIN Star yang diberikan untuk restoran yang menyajikan kualitas dan pengalaman kuliner yang unik dan luar biasa. Restoran dengan tiga MICHELIN Star sangat direkomendasikan untuk dikunjungi secara khusus untuk merasakan pengalaman makan di restoran tersebut. Selain itu, terdapat pilihan Bib Gourmand yang diberikan untuk restoran-restoran berkualitas namun dengan harga terjangkau. (*)