Ekonomi, Fintech & UMKM

Sekati Ing Mall Jadi Rangkaian HUT Kota Jogja, Melibatkan 80 IKM

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta lewat gelaran Sekati Ing Mall turut memeriahkan perayaan hari ulang tahun (HUT) Kota
Ekonomi, Fintech & UMKM
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta lewat gelaran Sekati Ing Mall turut memeriahkan perayaan hari ulang tahun (HUT) Kota Jogja yang ke-266.

Acara itu akan dilaksanakan sejak 5-9 Oktober dengan melibatkan 80 industri kecil menengah (IKM).

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto mengatakan, Sekati Ing Mall sekarang telah masuk ke dalam kalender of event Pemkot Jogja. Pada tahun ini, gelarannya masuk pada tahun ke dua.

"Karena antusiasme masyarakat dan hasil yang maksimal bagi pelaku UKM maka diputuskan bahwa Sekati Ing Mall akan diselenggarakan setiap tahun dan kebetulan pada tahun ini bertepatan dengan HUT Kota Jogja," katanya, Selasa (27/9/2022).

Totok menjelaskan, Sekati Ing Mall awalnya bertujuan untuk mengakomodir pelaku IKM yang tidak lagi mendapat ruang lantaran acara Pasar Malam Sekaten disetop. Padahal manfaatnya sangat dirasakan oleh IKM. Bertepatan dengan pandemi Covid-19 merebak, ruang yang digagas kemudian adalah Sekaten Ing Mall yang digelar di pusat perbelanjaan.

"Karena mall kami anggap punya prosedur yang ketat berkaitan dengan penegakan prokes. Setelah kami evaluasi ternyata antusiasme masyarakat cukup bagus sehingga kami putuskan untuk diselenggarakan setiap tahun," katanya.

Pada tahun ini, Sekati Ing Mall diselenggarakan bertepatan dengan HUT Kota Jogja yang ke-266. Persiapan acara dilakukan semaksimal mungkin baik dari sisi penyelenggara, pengisi acara dan juga pengunjung. Akan ada 80 IKM yang akan berpartisipasi yakni kuliner, kerajinan dan fesyen. Mereka merupakan IKM yang jadi binaan sentra Pemkot Jogja.

"Mereka telah melalui kurasi, karena pada tahun ini kita telah menetapkan lima sentra IKM di Jogja lewat Perwal, sehingga pesertanya kita ambil dari sana untuk kian menggeliatkan perekonomian Jogja," ungkap dia.

Menurut Totok, 80 IKM itu nantinya akan disebar di tiga pusat perbelanjaan yang ada di Jogja meliputi Malioboro Mall, Galeria Mall dan Lippo Plaza. Sebanyak 40 IKM akan ditempatkan di Malioboro Mall, 30 IKM di Galeria Mall dengan jenis kerajinan dan fesyen dan 10 IKM di Lippo Plaza dengan jenis kuliner.

"Acaranya akan dimulai sejak 5-9 Oktober namun IKM masih kami berikan kesempatan untuk berjualan sampai 10 Oktober," ujarnya.

Totok menambahkan, nantinya acara pembukaan akan dipusatkan di Galeria Mall dan berlangsung serentak di dua pusat perbelanjaan lainnya. Akan ada arak-arakan bergodo yang membawa produk IKM dan kemudian diperebutkan okeh pengunjung dalam pembukaan itu.

 

"Selain pameran, acara juga akan diisi berbagai macam kegiatan yang menarik mulai dari fesyen show yang mengangkat kain khas Jogja dan beragam talshow yang inspiratif," kata dia. (Anz)