Kulon Progo

Sekolah Vokasi UGM Kembali Adakan Program Pengabdian Masyarakat

  • WATES, Jogjaaja.com - Sekolah Vokasi (SV) UGM kembali mengadakan program pengabdian kepada masyarakat (PPM) di Kabupaten Kulon Progo, DIY.Dekan Sekolah Vokasi U
Kulon Progo
Ties

Ties

Author

WATES, Jogjaaja.com - Sekolah Vokasi (SV) UGM kembali mengadakan program pengabdian kepada masyarakat (PPM) di Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Dekan Sekolah Vokasi UGM, Dr.-Ing. Ir. Agus Maryono, mengatakan program pengabdian kepada masyarakat bagi dosen SV UGM ini telah berjalan sejak tahun 2016 silam dalam berbagai tema. Beberapa tema yang diangkat antara lain Agro Lingkungan, Kesehatan, Bangunan Sipil, dan Kelistrikan.

Tema lainnya yakni BumDes/UMKM, Pariwisata serta Perpetaan. Program-program tersebut seluruhnya sudah terdistribusi ke beberapa daerah di Kulon Progo seperti Kapanewon Samigaluh, Lendah, Kokap dan lainnya.

Ia menyampaikan program pengabdian masyarakat yang diadakan secara rutin setiap tahunnya ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Kulon Progo.

Lebih lanjut ia menegaskan bahwa SV UGM hadir lebih dekat di Kulon Progo melalui pembangunan gedung Field Research Center (FRC).

Hal tersebut sebagai upaya meneguhkan kesungguhan dan komitmen SV UGM dalam memfasilitasi serta menerapkan prinsip pendidikan Sekolah Vokasi “link dan match” dengan industri, instansi pemerintah, dan masyarakat untuk dapat diterapkan dengan baik dalam dunia nyata.

Hal tersebut disampaikan Agus Maryono saat meresmikan pembukaan Program Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Sekolah Vokasi UGM tahun anggaran 2022 pada hari Rabu 13 Juli lalu, di Gedung FRC Kulon Progo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Sekolah Vokasi UGM,  Sekretaris Daerah dan jajaran Kepala Dinas Kabupaten Kulon Progo , Lurah beserta kelompok dari daerah desa binaan, serta dosen SV UGM.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kulon Progo, Triyono, S.IP, menyampaikan harapan melalui program pengabdian masyarakat SV UGM ini kedepan dapat memberikan nilai tambah dan kesejahteraan bagi masyarakat Kulon Progo.

“Keberadaan program pengabdian masyarakat SV UGM ini kami harapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat di Kulon Progo melalui bimbingan dan arahan seluruh perangkat daerah Kulon Progo,” tuturnya.

Dalam acara launching program pengabdian masyarakat SV UGM tersebut juga menyampaikan presentasi rencana kegiatan Pengabdian Kepada Masyakat 2022 oleh masing-masing dosen ketua tim pengusul serta menyampaikan masukan dari mitra dan pemerintah kecamatan dan desa di Kabupaten Kulon Progo.

 

Perwakilan masing-masing Kapanewon dari wilayah desa binaan pengabdian masyarakat SV UGM juga menyampaikan detail kegiatan yang sudah dilakukan di daerahnya. (*)