Pelantikan pengurus Dekranasda Sleman (Humas Sleman)
Home

Selama Pandemi Covid-19, Dekranasda Sleman Diminta Terus Berinovasi

  • SLEMAN, Jogjaaja.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Sleman, Sri Purnomo, melantik pengurus DEKRANASDA Kabupaten Sleman periode 2
Home
Ties

Ties

Author

SLEMAN, Jogjaaja.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Sleman, Sri Purnomo, melantik pengurus DEKRANASDA Kabupaten Sleman periode 2021-2026 bertempat di Rumah Dinas Bupati Sleman.

Pelantikan diawali dengan serah terima laporan pertanggungjawaban dari ketua periode sebelumnya, Kustini Sri Purnomo.

Bupati Sleman, Kustini, mengucapkan selamat kepada para pengurus DEKRANASDA Kabupaten Sleman yang baru dilantik tersebut. Ia berharap para pengurus yang baru tersebut dapat membawa DEKRANASDA Kabupaten Sleman ke arah yang lebih baik, sehingga pada akhirnya keberadaan DEKRANASDA Kabupaten Sleman benar-benar dapat dirasakan manfaatnya ditengah-tengah masyarakat.

“Pelantikan pengurus ini merupakan titik awal perjuangan DEKRANASDA pada setiap programnya untuk dapat memajukan kerajinan di Kabupaten Sleman”, ungkap Kustini.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa kondisi ekonomi yang terpukul akibat pandemi seperti saat ini merupakan suatu tantangan bagi DEKRANASDA Kabupaten Sleman. Menurutnya hal ini perlu disikapi dengan adanya inovasi pengembangan manajemen kepengurusan yang teratur, tertata rapi, baik tenaga, sarana dan dana yang dilakukan secara transparan dan profesional.

Sementara Ketua DEKRANASDA Kabupaten Sleman periode 2021-2026, Sri Purnomo, menjelaskan pihaknya akan berupaya mendorong para pengrajin untuk terus berkreasi dan berinovasi di masa pandemi ini. Hal ini menurutnya merupakan bagian dari peran DEKRANASDA Kabupaten Sleman yang diantaranya sebagai penasehat, pendukung, pengendali, dan mediator atau perantara.

“Kami akan terus dampingi para pengrajin, terutama di masa pandemi ini”, jelasnya

Ia juga menerangkan bahwa Musda yang telah dilaksanakan DEKRANASDA Kabupaten Sleman masa bakti 2021-2026 menghasilkan sejumlah keputusan. Secara garis besar dari hasil Musda tersebut yakni meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia atau pengrajin agar berdaya saing, regenerasi Sumber Daya Manusia atau pengrajin dalam upaya melestarikan produk kerajinan berbasis lokal sebagai jati diri bangsa, membangun inovasi berbasis warisan, tradisi dan budaya Kabupaten Sleman, menumbuhkan jiwa wirausaha bagi masyarakat Kabupaten Sleman, mendorong pemanfaatan teknologi dan digitalisasi, serta menggalakkan upaya promosi dan sosialisasi.

Turut hadir pada acara pelantikan tersebut Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya. Hadir pula sejumlah kepala OPD terkait atau yang mewakili, diantaranya Kepala Disperindag, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Disnaker, Kepala BKAD, serta Asisten Sekda I, II dan III.(*)