Jogja

Sentra IKM di 3 Kemantren Kota Yogyakarta Diluncurkan

  • YOGYA, Jogjaaja.com - Pemkot Yogyakarta meluncurkan sentra industri kecil menengah (IKM) di tiga wilayah yakni kemantren Kraton, Mergangsan dan Danurejan. Pelun
Jogja
Ties

Ties

Author

YOGYA, Jogjaaja.com - Pemkot Yogyakarta meluncurkan sentra industri kecil menengah (IKM) di tiga wilayah yakni kemantren Kraton, Mergangsan dan Danurejan. Peluncuran ini jadi yang terakhir dan jadi pelengkap 30 sentra IKM di seluruh Yogyakarta.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogya, Tri Karyadi Riyanto menjelaskan, sebagai kota wisata dan pendidikan, Kota Yogyakarta memiliki daya tarik yang luar biasa dengan adanya kreativitas dari para pelaku IKM yang beraneka ragam dan tersebar di berbagai sudut kota.

"Oleh karena itu perlu upaya untuk mendukung pelaku IKM yang tergabung dalam sentra agar bisa terus berinovasi, meningkatkan daya saing, serta mengembangkan usahanya," kata Totok, Jumat (11/11/2022).

Adapun sentra yang diluncurkan adalah Sentra Gudeg, Sentra Kaos Lukis, Sentra Kulit, Sentra Kacang Bawang, dan Sentra Ecoprint/Shibori. Launching sentra tersebut sekaligus melengkapi lima kali pelaksanaan launching sentra IKM yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

"Total di tahun 2022 ini genap sudah diresmikan 30 Sentra IKM dari 11 Kemantren yang ada di kota Yogyakarta," jelasnya.

Launching sentra IKM itu bertujuan untuk memperkenalkan sentra industri kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan di wilayah-wilayah, agar sentra IKM tersebut maju, serta sebagai wujud dukungan kepada pelaku IKM agar dapat terus meningkatkan kemampuan serta kualitasnya.

 

"Kami juga ingin agar IKM bisa bersaing secara kompetitif di pasar nasional maupun internasional sehingga pada akhirnya dapat berdampak dalam mengingkatkan pendapatan dan perekonomian dari pelaku IKM di Kota Yogyakarta," ungkap dia. (*)